kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asosiasi: Tempat hiburan dibina bukan dibinasakan


Rabu, 01 November 2017 / 05:45 WIB
Asosiasi: Tempat hiburan dibina bukan dibinasakan


Reporter: Agatha Claudia Pascal | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (ASPIJA) sangat menyesali keputusan pemerintah dalam tindakannya untuk memberhentikan izin usaha milik Alexis. Tindakan ini juga dapat mempengaruhi bisnis hiburan lain yang ada di Jakarta.

“Saya sebagai ketua asosiasi, saya sesalkan tindakan pemerintah yang arogan. Mestinya gubernur itu lewat anak buahnya bisa meneliti dahulu, dijajaki dahulu, kalau ada penemuan maka diberi peringatan,” kata Erick Halauwet, Ketua ASPIJA kepada KONTAN. Selasa (31/10).

Ia juga mengatakan asosiasi pun menyesali keputusan dari pemerintah tersebut, karena sebelumnya Alexis tidak diberi peringatan namun langsung diberhentikan begitu saja izinnya. “Tempat hiburan itu harusnya dibina bukan dibinasakan, kalo engga ya semua saja tutup,” imbuhnya.

Erick tidak menutup kemungkinan dengan diberhentikannya izin usaha Alexis, memiliki peluang bahwa pajak dari dunia hiburan secara keseluruhan akan menurun. Tidak hanya itu, kedepannya Erick mengatakan pendapatan dari bisnis hiburan dipastikan akan jatuh.

“Kalo ditindak seperti itu, bagaimana orang akan berani berinvestasi kedepannya. Pasti drop lah. Temen-temen hiburan pasti udah males, temen-temen pengusaha juga jadi males usaha hiburan. Ketentuannya ga jelas, aturannya juga,” tuturnya.

Pajak bisnis hiburan di Jakarta yang diberikan ke Pemerintah Daerah (Pemda) sendiri dikatakan oleh Erick hampir sebesar Rp 4 triliun. Dari pajak tersebut yang paling banyak memberikan kontribusi adalah bisnis hotel dan hiburan.

Untuk tempat hiburan sendiri dikenakan pajak sekitar 30%, sedangkan untuk hotel dikenakan pajak sekitar 10%. Di Jakarta sendiri ada sekitar 4.000 tempat hiburan, mulai dari tempat biliard, griya pijat, spa, diskotik, dan karaoke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×