: WIB    —   
indikator  I  

Batik Keris meluncurkan penjualan online

Batik Keris meluncurkan penjualan online

KONTAN.CO.ID - Perusahaan batik ternama Indonesia, Batik Keris, melakukan relaunching situs Batik Keris Online pada Jumat (11/8). Situs Batik Keris Online dapat diakses di alamat www.batikkerisonline.com.

"Perkembangan teknologi itu begitu instan dan cepat. Maka dari itu kami harus me-relaunch penampilan yang baru dan cara yang lebih memudahkan pelanggan dalam berbelanja online," ungkap Komisaris Batik Keris Lina Handianto Tjokrosaputro saat ditemui usai Relaunching Batik Keris Online di Habibie Festival 2017, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/8).

Batik Keris Online sudah diluncurkan pada September 2016. Melalui Batik Keris Online, pelanggan bisa membeli Batik Keris kapanpun di mana pun. Bentuk pembayarannya pun semakin beranekaragam. Bila sebelumnya hanya melalui transfer, sekarang bisa juga menggunakan kartu gesek. Metode pembayaran bisa menggunakan Mastercard, Visa, JCB, dan American Express.

Sebelum relaunching, Batik Keris Online hanya melayani pengiriman di domestik saja. Sekarang, Batik Keris bekerjasama dengan JNE untuk pengiriman domestik dan Pos Indonesia untuk pengiriman internasional.

Meski sudah merambah ke bisnis online, Batik Keris tetap meninjau kinerja toko outlet. Hal ini dikarenakan agar pelanggan bisa melihat barang aslinya. "Pelanggan masih butuh melihat kualitas. Toko outlet berguna supaya sebelum beli di online, dia tau barangnya seperti apa," jelas Lina.

Lina menargetkan kontribusi penjualan online ini terhadap target pendapatan Batik Keris setinggi-tingginya, bisa melebihi penjualan outlet. Hal ini dikarenakan penjualan outlet itu terbatas lingkupnya.

"Kalau Batik Keris outletnya nggak ada di daerah tertentu, mereka tidak bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan. Tapi karena lewat online, diharapkan bisa menjangkau seluruh Nusantara," jelas Lina.

Hingga saat ini, Batik Keris terus melakukan penjualan ekspor dan ekspansi retail. Untuk ekspor, Lina mengatakan paling banyak ke Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan. "Kalo AS itu sukanya motif yang abstrak, kalo Korea Selatan itu lebih ke motif bunga yang besar-besar," jelas Lina.

Untuk ekspansi retail, Batik Keris akan berfokus di Pontianak, Makassar, dan Manado. Terakhir, Batik Keris membuka retail barunya di Bandara Internasional Husein Sastranegara pada Juni 2017.

Hingga saat ini, produk Batik Keris yang paling banyak terjual adalah pakaian berbahan katun primisima. Lina menjelaskan produk ini laku karena sesuai untuk daerah tropis sehingga nyaman dipakai.

Sampai akhir tahun 2017, Batik Keris terus memacu penjualannya. Lina mengatakan, penjualan produk Batik Keris secara keseluruhan baru mencapai 80% dari targetnya, tanpa menyebut nominal target penjualan.

Batik Keris memiliki 109 outlet yang tersebar di 30 kota di Indonesia, 28 gerai di 16 bandara lokal dan internasional, serta satu flagship store di Puri Indah Mall Jakarta. Batik Keris juga bekerjasama dengan ribuan UKM dalam memproduksi produk-produk andalannya.


Reporter Ivana Wibisono
Editor Wahyu Rahmawati

BATIK

Feedback   ↑ x
Close [X]