: WIB    --   
indikator  I  

Beli beton siap pakai bisa lewat online

Beli beton siap pakai bisa lewat online

JAKARTA. Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan e-commerce untuk memperluas penjualan. Tak melulu produk consumer, Anda kini juga bisa memesan beton siap pakai melalui channel e-commerce.

Adalah SCG Group, konglomerasi bisnis asal Thailand yang mulai menawarkan pembelian produk Jayamix by SCG melalui platform online, yakni Blibli.com. "Kami memilih Blibli.com dikarenakan mereka sebagai platform e-commerce terbesar di Indonesia. SCG dapat menggunakan Blibli.com sebagai platform ecommerce yang dapat memberikan pelayanan optimal bagi konsumen," terang Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia and Presiden Direktur PT SCG Readymix, saat jumpa pers pada Kamis (9/3).

Saat ini terdapat dua tipe produk Jayamix by SCG yang telah tersedia di Blibli.com, yaitu Jayamix Super Concrete dan beton instan. Sama seperti e-commerce lain, Jayamix by SCG memberikan kemudahan dalam proses pembayaran dan menjangkau segmen ritel yang lebih luas

Nantapong optimistis, dengan kerjasama ini pertumbuhan pasar SCG akan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Sayang, ia enggan membeberkan nilainya. "Kami mengekspektasikan, pertumbuhan pasar tahun ini antara 2%-3%. Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan platform digital untuk memasarkan produk," kata Nantapong.

SCG menyisihkan 1% dari pendapatan untuk riset dan pengembangan. "Hal agar kami dapat mengetahui nilai sebuah produk dan jumlah produk yang harus dipasarkan ke konsumen," kata Nantapong. Dari sisi pabrik, tahun lalu, SCG telah mendirikan pabrik baru semen di Sukabumi, Jawa Barat.

Mempelajari digital

Nah, terkait perkembangan bisnis, tahun ini SCG masih fokus mengembangkan dan mempelajari dunia digital. "Kami menginginkan agar para konsumen semakin mudah dengan hadirnya ecommerce ini," kata Nantapong.

Agar produk sampai ke tangan konsumen, pengiriman produk Jayamix Super Concrete akan menggunakan dua truk. Yaitu truk besar dengan kapasitas 7 m² dan Jayamixni yang merupakan truk lebih kecil dengan kapasitas 2 m², yang dapat digunakan untuk melewati jalanan sempit.

Sedangkan produk beton instan didesain untuk area yang sulit dijangkau oleh truk molen. Produk ini dijual dalam bentuk kemasan kantong dengan berat 50 kg per kantong. Sebelum pengiriman, Jayamix by SCG akan mengirimkan sebuah tim terlebih dahulu untuk melakukan survei ke lokasi. Tujuannya memastikan dapat dilalui oleh truk molen. Dan waktu pengiriman disesuaikan dengan kesepakatan bersama antara pembeli dan Jayamix by SCG.

Lay Ridwan, Head of Trade Partnership Blibli.com, mengatakan, setelah survei proyek, bisa ditentukan waktu pengiriman. "Waktu pengiriman paling lama dua hari atau kesepakatan bersama antara pembeli dengan Jayamix by SCG," kata Lay.

Ia mengakui, belum mematok target terkait dengan penjualan produk Jayamix by SCG tersebut. "Tapi di luar ekspektasi kami, ternyata penjualan sampai saat ini lumayan bagus tanpa kita lakukan promosi at," terang Lay. Sedangkan dari sisi margin berbeda-beda, tergantung tipe produk. Paling rendah itu 3% dan bisa sampai 30%.


Reporter Anisah Novitarani
Editor Dupla KS

E-COMMERCE

Feedback   ↑ x