: WIB    —   
indikator  I  

Bergulat dengan utang, Bakrieland siapkan ekspansi

Bergulat dengan utang, Bakrieland siapkan ekspansi

KONTAN.CO.ID - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) masih terus berencana melakukan ekspansi bisnis meskipun di saat yang sama juga sedang fokus menyelesaikan masalh utang yang menjerat perusahaan.

ELTY saat ini sedang berjuang melakukan restrukturisasi atas utang obligasi sebesar Rp 3,6 triliun, atau 47% dari total liabilitas perusahaan yang tercatat pada tahun 2016 yakni sebesar Rp 7,6 triliun.

Agus J. Alwie, Direktur - Chief Corporate Development ELTY mengatakan pihaknya masih optimis dalam menghadapi tahun 2017 maupun dari sisi tantangan dan target dengan fokus pada restrukturisasi keuangan dan tetap menjalankan strategi bisnis jangka panjang dalam pengembangan.

"Strategi pengembangan adalah dengan fokus pada proyek quick yield dan high return, meningkatkan penghasilan berkelanjutan, memperluas partnership serta melakukan kombinasi proyek berskala besar dan kecil," jelas Agus pada KONTAN di Jakarta, Selasa (15/8).

Selain tetap melakukan pengenyelesaian dan pengembangan pada proyek-proyek eksisting, Bakrieland juga sedang mempersiapkan sejumlah proyek baru. Untuk mendanai pengembangan proyek anyar tersebut, perusahaan akan mengandalkan kerjasama partnership untuk proyek berskala besar dan mengadalkan ekuitas dan pinjaman bank untuk proyek-proyek lainnya.

Bakrieland berencana mengembangkan Kota mandiri baru Nirwana Residence dengan mengusung konsep sebagai kota pendidikan di atas lahan seluas 360 hektare (ha). Tahap I, perusahaan akan mengembangkan 80 ha terlebih dahulu dan diharapkan di dalamnya akan ada minimal tiga universitas.

Agus mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari partner strategis untuk mengembangkan kawasan tersebut sembari mulai mempersiapkan design dan infrastruktur kawasan tersebut pada semester II ini. "Kami akan fokus mengembangkan ini untuk segera menciptakan pasar," kata Agus.

Kemudian di Jugleland, ELTY juga akan membangun condominium hotel (condotel) paruh kedua ini sekitar sekitar 300 unit dengan mengusung segmen bintang tiga. Tahap I, perusahaan akan mengembangkan sekitar 122 unit.

Kemudian, ELTY juga akan mengembangkan kawasan wisata di Batu, Jawa Timur seluas 3,5 ha bertajuk Samboriti. Agus bilang, perusahaan telah mendapatkan hak konsesi dari Pemda Batu untuk mengembangkan kawasan tersebut.

"Ini akan kami kembangkan secara bertahap. Saat ini sudah ada hotel disana namun belum berkembang. Kita akan kembangkan ulang kawasan tersebut menjadi kawasan wisata yang menarik karena di salam ada air panas," jelas Agus.

Selanjutnya, ELTY akan mengembangkan satu kawasan baru di Lampung yang lokasinya dekat dengan pantai. Perusahaan akan membangun hotel bintang tiga atau bintang empat di kawasan tersebut sekitar 120 kamar. "Tapi ini masih dalam master plant, kami belum bisa pastikan kapan mulai dikembangkan karena pasarnya belum cukup bagus di sana. Kami sebenarnya sudah punya satu hotel disana sebanyak 76 kamar," tambah Agus.

Tidak sampai disitu, Bakrieland juga akan mengembangkan proyek residential di Jakarta dengan konsep vertikal building. Satu proyek akan dikembangkan di wilayah Cibubur dan satu lagi akan dibangun di pusat Jakarta dengan menyasar segmen premium. Hanya saja, Agus belum bersedia menceritakan lebih detail terkait kedua proyek tersebut.

Adapun proyek-proyek eksisting yang akan dikembangkan diantaranya adalah kawasan wisata Jungle Land. Perusahaan akan menambah tiga wahana baru tahun ini untuk melengkapi kawasan tersebut.

Di Jakarta, perusahaan akan terus melanjutkan penjualan proyek kondominium masterpiece yang terdiri dari tower serta satu tower condotel. Adapun kondominium sudah serah terima ke konsumen , sedangkan condotelnya baru akan beroperasi awal tahun depan.

Sementara apartemen Sentra Timur Residence yakni proyek kolaborasi perusahaan dengan Perumnas juga terus dikembangkan. Perusahan sedang melakukan pengembangan tahap II di proyek tersebut yang rencananya akan dibangun lima tower tambahan lagi.

Sedangkan proyek kolaborasi Bakrieland dengan Wika Geduang di Kahuripan Nirwana Sidoarjo bertajuk Tamansari Propero sudah melakukan toffing off untuk tower pertama dan telah groundbreaking untuk tower kedua. Perusahaan akan mengembangkan tiga tower apartemen di sana seluas 1,8 ha. " Sekarang sedang melakukan penjualan tower II dan tower III akan dirilis tahun depan," ungkap Agus.

Di kawasan yang sama dengan apartemen ini, ELTY juga tengah menyelesaikan pengembangan kluster perumahan Kahuripan Park.

Sedangkan di Yogyakarta, ELTY kembali melanjutkan pengembangan proyek apartemen tahap II Hadiningrat serta hotel. Perusahaan kembali melanjutkan penjualan apartemen tower II setelah sempat tertunda tahun lalu karena terkendala perizinan.

 

 


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Sanny Cicilia

INDUSTRI PROPERTI

Feedback   ↑ x
Close [X]