kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biro wisata mulai banjir pesanan liburan lebaran


Rabu, 20 April 2016 / 11:45 WIB
Biro wisata mulai banjir pesanan liburan lebaran


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Dua bulan jelang libur Lebaran tahun ini menjadi berkah pebisnis biro perjalanan. Mereka sudah kebanjiran order pemesanan destinasi wisata lantaran Lebaran 2016 bareng dengan libur sekolah, sehingga masyarakat sudah jauh-jauh hari memesan tiket perjalanan wisata.

Lonjakan permintaan ini salah satunya dialami oleh biro perjalanan online Ezytravel. Menurut Noor Aini Rachmawati, Public Relation and Advertising Ezytravel, lonjakan pesanan tempat wisata terjadi untuk destinasi luar negeri. "Kenaikannya kurang lebih 85%, terutama untuk destinasi  Eropa, Jepang, dan Korea," katanya kepada KONTAN, Selasa (19/4).

Destinasi wisata luar negeri kerap menjadi pilihan pelancong dalam negeri di liburan panjang tengah tahun ini. Biasanya paket yang dipilih pun juga untuk waktu yang lama, misalnya 10 hari.

Supaya tidak kehabisan tempat, konsumen pembeli paket wisata biasanya sudah membeli paket tersebut tiga bulan sampai empat bulan sebelum Lebaran. Masa-masa inilah yang menjadi periode emas atau golden moment bagi pebisnis biro perjalanan.

Pebisnis travel mengklaim lonjakan sudah mulai berlangsung sejak akhir Maret 2016. Ezytravel sendiri mengklaim pada momen ini pendapatan melonjak hingga 50% ketimbang bulan-bulan biasa.

Hal serupa juga terjadi di situs travel wisata yang lain yakni Traveloka. Menurut Busyra Oryza, Communication Executive Traveloka, saat ini terjadi kenaikan transaksi pembelian tiket wisata menjelang libur Lebaran. "Setiap momen jelang Lebaran, pemesanan tiket pesawat dan hotel selalu meningkat," katanya kepada KONTAN.

Hanya saja, Busyra masih belum bersedia membeberkan tingkat lonjakan pesanan tersebut. Ia hanya menyebut bahwa jumlah kenaikan pesanan tiket tersebut bisa berkali lipat dibandingkan dengan bulan biasa.

Busyra mengklaim, pendapatan Travelola di kuartal I-2016, pesanan tiket menanjak ketimbang periode serupa tahun lalu. Lagi-lagi, ia tidak merinci besaran trafik yang a sebut melonjak ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×