: WIB    --   
indikator  I  

Bisnis hotel dan kuliner Makassar raih berkah F8

Bisnis hotel dan kuliner Makassar raih berkah F8

KONTAN.CO.ID - Berkat penyelenggaraan Makassar International Eight Festival and Forum (F8), bisnis hotel terkena untung. Dalam menyambut perhelatan ini, 38 hotel yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan jauh hari telah menyiapkan paket menarik yang ditawarkan pada wisatawan.

Hasilnya, hotel-hotel yang ada penuh diisi wisatawan maupun pengisi acara dari berbagai daerah di tanah air. Begitu juga deretan penjual pisang epe, penganan khas Makassar yang semakin laris dagangannya.
 
Apresiasi juga diberikan Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali. Ia menilai kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) efektif sebagai promosi wisata Makassar dan untuk mendatangkan wisatawan.

"Sudah pantas dan layak memang menjadi agenda tahunan. Bahkan menjadi even berskala internasional," kata dia.

Bukan hanya itu, selain jumlah pengunjung yang melampaui target, jumlah transaksi juga melonjak. Dibanding tahun lalu yang nilai transaksi mencapai Rp 5 miliar, maka di penyelenggaraan tahun ini F8 total transaksi mencapai Rp 7,67 miliar.

“Transaksi tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Makassar sekaligus Ketua Panitia F8, Rusmayani Madjid dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (13/9).

Melihat kesuksesan yang begitu besar, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto selaku pencetus F8 mengatakan perhelatan di tahun depan akan lebuh meriah dengan persiapan jauh lebih baik.

"Kalau tahun ini panggung raksasa hanya satu, maka tahun depan akan ditambah menjadi dua," ujar Moh. Ramdhan.


Reporter Jane Aprilyani
Editor Dessy Rosalina

INDUSTRI PARIWISATA

Feedback   ↑ x
Close [X]