kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

BUMN telko paling siap berkompetisi di ASEAN


Kamis, 17 Desember 2015 / 13:36 WIB
BUMN telko paling siap berkompetisi di ASEAN


Sumber: Kompas.com | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Lembaga Management Universitas Indonesia (LM UI) menyebutkan BUMN milik pemerintah Indonesia relatif rendah dalam kemampuan mencitakan profit margin.

Kendati begitu, dari 24 sektor yang digeluti BUMN RI, industri telekomunikasi menjadi sektor yang dinilai memiliki daya saing lebih tinggi.

"Sektor-sektor unggulan lain mencakup perbankan, properti, dan transportasi udara, masih kalah bersaing dengan Temasek. Namun, sektor-sektor itu bersaing cukup imbang dengan Khazanah," kata Managing Director LM UI Toto Pranoto, Kamis (17/12).

Toto mengatakan Telkom Indonesia cukup mampu bersaing dengan BUMN di Malaysia dan Singapura.

Pada 2014, Telkom Indonesia mencetak profit margin 24,21%.  Angka ini cukup bersaing dibandingkan dengan Axiata (Malaysia) yang mencetak profit margin 16,64%, dan Telekom Malaysia yang cetak profit margin sebesar 9,84%.

Penciptaan laba Telkom Indonesia hanya sedikit lebih rendah dari Singtel (Singapura) yang berhasil mencetak profit margin 25,81%.

Pada 2014, aset Telkom Indonesia menyentuh US$ 11,32 miliar. "Total pelanggan Telkom Indonesia pada tahun 2014, mencapai lebih dari 140 juta pelanggan," kata dia lagi.

Saat ini 52,56% saham Telkom Indonesia dimiliki negara. Angka ini lebih tinggi dibandingkan kepemilikan saham pemerintah Singapura di Singtel (52%), serta pemerintah Malaysia di Axiata (38,7%) dan Telekom Malaysia (28,9%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×