INDUSTRI
Berita
Chevrolet Spin menyalip penjualan Nissan Evalia

PENJUALAN OTOMOTIF

Chevrolet Spin menyalip penjualan Nissan Evalia


Telah dibaca sebanyak 4123 kali
Chevrolet Spin menyalip penjualan Nissan Evalia

JAKARTA. Chevrolet Spin adalah pendatang baru di segmen low multipurpose vehicle (MPV). Meskipun baru, ternyata mobil besutan produsen asal Amerika Serikat (AS) ini telah berhasil unggul dari pemain lama Nissan Evalia.

Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) April 2013, Spin mencatatkan penjualan sebesar 377 unit. Sementara, Nissan Evalia hanya laris 151 unit.

Dilihat dari sisi harga, Nissan Evalia memang dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Evalia, untuk varian terendah dibanderol dengan harga Rp 155 juta per unit dan Rp 192 juta per unit untuk varian tertinggi. Sedangkan Spin, untuk varian terendah dibanderol dengan harga Rp 139,7 juta per unit dan Rp 189,7 juta per unit untuk varian tertinggi. 

Pasar low MPV memang sangat padat persaingan. Pasar yang gemuk menyebabkan banyak produsen masuk ke segmen mobil tujuh penumpang ini. Lihat saja, data dari Gaikindo di kuartal pertama 2013 menunjukkan, penjualan MPV kelas bawah (low MPV) naik 26% menjadi 90.836 unit dari penjualan periode yang sama tahun 2012 yang hanya sebesar 72.066 unit 

Selain Spin, pendatang baru di segmen ini adalah Mazda VX-1 yang mengusung platform yang sama persis dengan MPV besutan Suzuki, yakni Ertiga. Agar berbeda dengan MPV  saudaranya sendiri Ertiga, Mazda mempercantik tampilan VX-1 dengan aksen krom dan menonjolkan grill pada bagian bawah. 

Sekadar mengingatkan, Chevrolet mengumumkan Spin resmi mengaspal di jalanan ibukota pada 25 April lalu. Yuniadhi Hasono Hartono, Direktur Marketing General Motor (GM) Indonesia sewaktu peluncuran Spin mengatakan bahwa  Spin mengusung teknologi andalan. Mobil dengan dua tipe mesin, bensin dan diesel turbo ini hadir dengan transmisi otomatis 6 kecepatan pada tipe bensin 1.5L. Dengan teknologi ini, perjalanan akan lebih mulus karena pada saat transfer gigi sentuhan yang diakibatkan akan diminimalisir.

Telah dibaca sebanyak 4123 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..