: WIB    —   
indikator  I  

Dongkrak bisnis, XL Axiata ubah format XL Center

Dongkrak bisnis, XL Axiata ubah format XL Center

JAKARTA. Operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk, menjalankan transformasi gerai di tahun ini. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan konsep baru guna mendongkrak penjualan.

Per semester I-2017, pendapatan emiten berkode EXCL itu hanya tumbuh 0,74% ketimbang tahun sebelumnya, dari Rp 10,85 triliun menjadi Rp 10,93 triliun. Dari sisi laba bersih, tercatat melorot 36,32%, dari Rp 224,74 miliar menjadi Rp 143,11 miliar.

Gerai XL Center tidak hanya melayani kebutuhan pulsa dan jasa, melainkan masuk ke penjualan aksesori dan gadget dengan menggandeng pihak ketiga. "Ini sebenarnya membangun ekosistem digital yang kami tampilkan di XL Center. Jadi bukan cuma point of payment yang hanya bayar pulsa dan tagihan. Sekarang bisa experience center," kata Tri Wahyuningsih, General Manager Corporate Communications EXCL kepada KONTAN, Rabu (9/8).

Kini, dari total 86 gerai XL Center di seluruh Indonesia, sekitar 58 gerai sudah menerapkan konsep point of sales. Harapannya, dengan strategi tersebut bisa mendongkrak penjualan di segmen ritel sebesar 7%-8% dibandingkan dengan tahun lalu. Selama ini, XL Center sudah memberikan kontribusi penjualan postpaid sebesar 60%.

Ayu, panggilan Tri Wahyuningsih, menjelaskan, tahun ini, EXCL mengalokasikan dana investasi senilai US$ 1 juta untuk membangun 10 gerai baru. Jumlah tersebut termasuk bagian dari alokasi belanja modal perusahaan sebesar Rp 7 triliun.

Realisasi sampai semester I-2017, sudah lima gerai yang dibuka. "Lima gerai lagi dibuka semester II ini," ungkapnya. Sepuluh gerai baru yang dibuka tahun ini seluruhnya berkonsep point of sales.

Rashad Javier Sanchez, Senior Advisor Postpaid and XL Center PT XL Axiata Tbk, menambahkan, lima gerai baru yang akan dibangun di semester dua ini yang berlokasi di Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. "Pengembangan XL Center masih dilakukan sendiri. Belum ada kerjasama dengan pihak ketiga untuk penjualan kartu perdana," kata Rashad.


Reporter Andy Dwijayanto
Editor Dupla Kartini

XL Axiata ubah format XL Center

Feedback   ↑ x
Close [X]