kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ganda-Martua Sitorus semakin ekspansif kembangkan bisnis properti


Selasa, 21 Agustus 2018 / 21:11 WIB
Ganda-Martua Sitorus semakin ekspansif kembangkan bisnis properti
ILUSTRASI. Apartemen Arandra Residence


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ganda Sitorus dan Martua Sitorus terus melakukan ekpansi bisnis. Lewat Gamaland, duo Sitorus tersebut gencar melakukan ekpansi bisnis properti. Pada paruh kedua tahun ini, perusahaan tersebut akan mengembangkan proyek baru berkongsi dengan Ciputra Group.

Pertama, Gamaland akan meluncurkan proyek apartemen di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Proyek tersebut akan dibangun di lahan seluas 13,5 hektare (ha). Disana rencananya akan dibangun 15 tower apartemen dan akan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan.

Dicky Iksan Soetikno, Direktur Operasional Gamaland mengatakan, tahun ini rencananya akan dirilis dua tower apartemen dulu dengan total kapasitas 1.200 unit. "Saat ini kami masih urus izin," ujar Dicky pada Kontan.co.id, Selasa (21/8).

Proyek Pulo Gadung tersebut diperkirakan akan menelan investasi Rp 7 triliun. Selain Ciputra Group, pengembangan proyek jumbo tersebut juga melibatkan PT Tripar Multivision Plus.

Kedua, proyek Citraland Bagya City Medan Tahap II di lahan seluas 60 ha. Menurut Dicky, proyek ini akan menjadi Singapuranya Medan. Ini adalah proyek perumahan yang akan dilengkapi dengan kawasan komersial. Tahap awal, Gamaland-Ciputra akan memasarkan lima klaster hunian, masing-masing akan merangkum 300-400 unit rumah tapak.

Namun, Dicky tidak bersedia menyebutkan nilai investasi yang akan digelontorkan untuk mengembangkan proyek tersebut. Begitu juga dengan harga rumah yang akan dipasarkan tersebut belum bisa disampaikan.

Kedua proyek tersebut bukan merupakan kongsi pertama Gamaland dengan Ciputra Group. Berdasarkan informasi di website Gamaland, kolaborasi keduanya sudah dilakukan lewat proyek Citraland Bagya City Medan dan Proyek Pergudangan bertajuk Biz Park.

Saat ini, Gamaland juga tercatat sedang melakukan pengembangan proyek apartemen bertajuk Arandra Residence di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Timur di lahan seluas 2,7 ha. Proyek itu tadinya adalah Sentosa Residences milik Bahama Group yang diakuisisi Gamaland senilai Rp 600 miliar.

Proyek itu kemudian dikembangkan menjadi Arandra Residences. Disana direncanakan akan dibangun lima tower apartemen dengan investasi Rp 1 triliun. Nilai proyek itu diperkirakan mencapai Rp 3,5 triliun.

Aranda Residence baru dipasarkan dan dibangun satu tower. Pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2016 dan telah memasuki toping off pada Mei 2018.

Sementara proyek-proyek Gamaland yang sudah rampung dan beroperasi saat ini adalah Gama Tower di bilangan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Ini merupakan gedung perkantoran grade A dengan ketinggian 42 lantai. Lalu ada Click Square di Bandung yaitu mall dengan konsep hi-tech terbarru yang fokus terhadap bisanis startup.

Selain di bisnis properti, Ganda-Martua Sitorus juga dikabarkan akan masuk bisnis jalan tol. Perusahaan ini bersama dengan PT Adhi Karya akan memprakarsai pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta sepanjang 70 km dengan investasi Rp 19 triliun. Namun, saat ditanya mengenai kabar tersebut, Dicky mengaku belum tahu. "Saya tidak tahu updatenya." ujar Dicky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×