: WIB    --   
indikator  I  

Gangguan BlackBerry terjadi di seluruh Indonesia

JAKARTA. Gangguan layanan BlackBerry Messenger (BBM) pada perangkat Blackberry milik Research In Motion  (RIM) sudah terjadi setelah pukul 12.00 WIB. Hal tersebut disampaikan Turina Farouk Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk kepada KONTAN hari ini (03/10).

“Kami mendapatkan konfirmasi dari pihak RIM, bahwa terjadi gangguan jaringan BlackBerry di seluruh Indonesia,” kata Turina. Ia menjelaskan, gangguan layanan dari BlackBerry itu bukan kesalahan dari operator, tetapi murni gangguan teknis milik RIM.

“Sampai sekarang kami berupaya gangguan ini bisa teratasi,” kata Turina. Ia menambahkan, pihak XL belum memastikan, kapan layanan BBM tersebut bisa kembali pulih seperti sedia kala. “Kami sedang berkoordinasi dengan RIM agar layanan ini bisa kembali berfungsi,” terang Turina. 

Sebelumnya, RIM melalui akun Facebook BlackBerry Indonesia mengakui adanya gangguan layanan BlackBerry di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, gangguan layanan BlackBerry bahkan terjadi juga di kawasan Asia Pacific. Gangguan layanan itu terjadi pada layanan BlackBerry Messenger. “Kami sedang menyelidikinya,” jelas pernyataan di akun yang mengatasnamakan BlackBerry Indonesia itu.

Sebelumnya, sejumlah pengguna ponsel cerdas BlackBerry mengeluhkan soal  gangguan layanan BlackBerry Messenger (BBM). Keluhan akan layanan BlackBerry tersebut juga saling bersahutan di media jejaring sosial Twitter maupun Facebook.

Bayu, salah satu pengguna BlackBerry sejak dua tahun lalu mengaku sudah tidak bisa mengirimkan pesan melalui aplikasi BBM sejak siang tadi. “Dari tadi BlackBerry Messenger tidak bisa mengirim dan menerima,” kata Bayu kepada KONTAN, hari ini (3/10).

Sementara untuk aplikasi push email tidak ada masalah, Bayu bilang masih bisa mengirim dan juga menerima pesan elektronik di perangkatnya itu. Keluhan serupa juga disampaikan oleh Maya, yang mengaku tak bisa mengakses aplikasi BBM melewati ponsel BlackBerrynya. "Tetapi untuk email, saya masih bisa gunakan," kata Maya.

Untuk mengetahui keluhan pelanggan soal layanan BlackBerry tersebut, KONTAN sudah berusaha menghubungi Yolanda Nainggolan selaku PR Manager RIM Indonesia. Namun sayang, beberapa panggilan telepon dari KONTAN tak direspon oleh Yolanda.


Reporter Melati Amaya Dori, Asnil Bambani Amri
Editor Asnil Bambani Amri
GANGGUAN LAYANAN TELEKOMUNIKASI

Feedback   ↑ x