kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gojek beri resep sukseskan bisnis online pada 2021, apa itu


Selasa, 09 Februari 2021 / 23:40 WIB
Gojek beri resep sukseskan bisnis online pada 2021, apa itu
ILUSTRASI. Setelah sukses dengan peluncuran GoGreener Carbon Offset yang diikuti dengan penanaman 1.500 pohon mangrove (bakau) di Jakarta


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun 2020, Gojek telah menelurkan serangkaian solusi digital yang memudahkan UMKM bermigrasi ke bisnis online.

Rangkaian solusi digital yang dihadirkan oleh Gojek dirancang guna menjawab semua kebutuhan UMKM dari hulu ke hilir. Di antaranya dari memudahkan UMKM mendaftar di GoFood lewat GoBiz, membantu efisiensi online seller lewat aplikasi Selly, hingga menyediakan lebih dari 20 opsi pembayaran non-tunai di Midtrans, beragam solusi Gojek telah mendapat sambutan positif dari para pelaku UMKM.

Shinto Nugroho, Chief of Public Policy and Government Relations Gojek menyebut pernah terdapat 3.000 UMKM mendaftar sebagai merchant Gojek. Terbukti juga dari penelitian bahwa 92% UMKM merasa lebih cepat beradaptasi di masa pandemi dengan bergabung di Gojek.

"Jadi bagaimana agar kami bisa mendukung mereka. Kita akan melakukan itu karena preferensi konsumen untuk berbelanja di ranah digital akan meningkat yang tadinya mungkin mereka belum terbiasa sekarang makin terbiasa dan kami melihat bahwa preferensi ini akan jadi permanen," jelas Shinto saat Konferensi Pers Daring yang digelar Gojek pada Selasa (9/2).

Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan, sebagai salah satu cara mendukung UMKM terus melaju, Gojek membagikan sejumlah temuan menarik berdasar data internal di tahun 2020 yang diprediksi akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021.

Baca Juga: Fitur GoGreener Carbon Offset di Gojek mudahkan pelanggan peduli lingkungan

Di antaranya ialah, pertama tren usaha kuliner rumahan meningkat, seperti dessert box dan rice bowl diprediksi jadi primadona. Data Gojek menemukan bahwa usaha rumahan menjadi tren selama masa pandemi, dengan bisnis kuliner sebagai jenis usaha rumahan yang paling banyak dijalani.

Dari banyaknya usaha kuliner, mie pedas, minuman mix susu segar, dimsum udang rambutan menjadi beberapa menu yang paling dicari pelanggan GoFood selama tahun 2020.

GoFood juga memprediksi dessert box dan rice bowl akan menjadi kuliner terfavorit di 2021 berdasarkan meningkatnya jumlah pencarian menu tersebut di GoFood yang meningkat menjelang akhir tahun lalu.

Kedua, diskon dan pemasaran lewat media sosial jadi harus jitu menggaet pelanggan baru. Memberikan promosi lewat program diskon menjadi strategi pemasaran yang populer dipilih oleh mitra usaha Gojek untuk menggaet pelanggan.




TERBARU

[X]
×