: WIB    —   
indikator  I  

Golden Energy dirikan 2 cucu usaha alihkan IUP

Golden Energy dirikan 2 cucu usaha alihkan IUP

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) baru saja mendirikan dua cucu usaha yang masih bergerak di sektor pertambangan. Kedua cucu usaha tersebut adalah PT Kuansing Inti Sejahtera (KIS) dan PT Bungo Bara Makmur (BBM).

Perseroan ini melalui anak usaha PT Kuansing Inti Makmur (KIM) mendirikan KIS. KIM menggenggam saham KIM sebesar 99,99%. Sementara itu KIM melalui anak usahanya lainnya yaitu PT Bungo Bara Utama (BBU) memiliki saham PT BBM sebesar 99,99%.

Dengan skema ini, Sudin SH, Sekretaris Perusahaan GEMS mengatakan, pendirian kedua perusahaan tersebut dilakukan hanya untuk mengalihkan Izin Usaha Pertambangan (IUP). "Tujuannya untuk menerima pengalihan izin IUP dari induknya. Karena KIM ada dua dan BBU juga ada dua IUP," jelas Sudin, Rabu (6/12).

Di luar pengalihan IUP, Sudin bilang perusahaannya belum berencana untuk melakukan akuisisi perusahaan pertambangan melalui KIS ataupun BBM. 

Seperti diketahui, perseroan ini baru saja mendirikan dua perusahaan yang tercatat pada tanggal 28 November 2017 lalu. Modal dasar serta modal disetor dan ditempatkan perusahaan untuk kedua perusahaan tersebut mencapai Rp 1 miliar.

Perinciannya Rp 400 juta untuk modal dasar masing-masing dan Rp 100 juta untuk modal disetor. Modal disetor tersebut ditempatkan untuk masing-masing perusahaan tersebut.


Reporter Febrina Ratna Iskana
Editor Rizki Caturini

BATUBARA

Feedback   ↑ x