: WIB    --   
indikator  I  

ICON ubah bisnis, fokus ke properti

ICON ubah bisnis, fokus ke properti

JAKARTA. Akibat bisnis sewa vila yang lesu akhir-akhir ini, PT Island Concepts Indonesia Tbk (ICON) akhirnya siap mengubah haluan bisnis dari semula mengelola vila menjadi fokus di bisnis properti.

Lewat anak usaha PT Patra Supplies Services, perusahaan ini akan membangun perumahan berkonsep town house berlabel Condotel Springhill di Jimbaran, Bali. "Kami mengembangkan ke bisnis properti karena sektor ini di Bali sedang booming,” kata Dodi Prawira Amtar, Presiden Direktur Island Concepts Indonesia kepada KONTAN, Rabu (30/4).

Untuk itu, Island Concepts menggandeng pengembang Springhill Group lewat aksi akuisisi saham anak usahanya. Perusahaan ini membeli 75% saham PT Bhumi Lestari Makmur senilai Rp 60 miliar. Kedua perusahaan ini akan membangun 121 kondotel dan 113 vila.

Dodi mengklaim, sejak dijajakan akhir Maret lalu, proyek properti seluas 5,5 hektare (ha) ini cukup banyak peminat. Dari 121 unit kondotel yang dijual dengan harga Rp 1,5 miliar per unit, saat ini yang sudah dipesan sekitar 70%. Sedangkan 113 vila yang dibanderol seharga Rp 3 miliar per unit sudah tandas 50%. Ia memperkirakan bisa meraup pendapatan Rp 522 miliar dari proyek properti ini.

Selain itu, Island Concepts juga tengah menyiapkan proyek area hiburan berlokasi tak jauh dari Condotel Spring-
hill Jimbaran Bali. Perusahaan ini telah menyewa lahan seluas 22.000 meter persegi (m²) milik PT Jimbaran Hijau untuk disulap menjadi bar dengan pemandangan tebing yang bernama Beach Club. "Saat ini, kami masih dalam tahap pembicaraan skema kerja sama dan desainnya," imbuh Dodi.

Sayang, Dodi masih merahasiakan mitra kerja proyek ini lantaran masih belum ada kata sepakat. Yang jelas, konsep pembangunan bar ini ditargetkan bisa diputuskan pada tahun ini juga.

Pengerjaan dua proyek tersebut mau tidak mau merubah komposisi pendapatan Island Concepts. Jika tahun sebelumnya 95% pendapatan disumbang dari jasa katering, tahun ini perusahaan ini menargetkan porsinya turun menjadi hanya 60% dan sisanya, 40% pendapatan berasal dari sektor properti.

Guna membiayai sejumlah proyek, Island Concepts menganggarkan belanja modal Rp 80 miliar tahun ini. Sekitar Rp 60 miliar untuk proyek properti. Sampai akhir tahun ini, Island Concepts menargetkan pendapatan sebesar Rp 200 miliar.


Reporter RR Putri Werdiningsih
Editor Hendra Gunawan

DIVERSIFIKASI BISNIS

Feedback   ↑ x