kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Incar migas di laut, Elnusa beli kapal seismik


Senin, 04 April 2016 / 12:02 WIB
Incar migas di laut, Elnusa beli kapal seismik


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Banyaknya peluang cadangan minyak dan gas bumi di laut dalam mendorong PT Elnusa Tbk (Elnusa) melirik pengembangan marine seismic di Indonesia. Untuk itu, perseroan pada awal April ini membeli sebuah kapal seismik yang siap dipergunakan dalam survei marine seismic.

Direktur Utama Elnusa Syamsurizal mengatakan, dengan pembelian kapal tersebut, perseroan siap mendukung program pemerintah dalam kegiatan eksplorasi
migas Nasional. “Tugas kami untuk mengerjakan dan mengembangkan marine seismic di Indonesia. Kami siap mendukung penuh program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia untuk mengembalikan kejayaan produksi migas nasional dan kembali menjadi eksportir migas yang signifikan berkontribusi pada pendapatan negara,” katanya dalam siaran pers, Senin (4/3).

Pemerintah Indonesia memang memiliki program untuk memberdayakan sumber daya mineral di lautan Indonesia. Pasalnya, saat ini hanya sedikit perusahaan nasional yang memiliki kompetensi di bidang marine seismic dan segelintir kapal seismik berbendera Indonesia yang berkarya di laut Indonesia.

Selain itu, Elnusa pun mengklaim dengan dibelinya kapal marine seismic tersebut, bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan gairah iklim industri migas tanah
air. Apalagi dengan pemenuhan regulasi kandungan lokal dan azas cabotage, dipercaya dapat mendukung pengembangan bisnis dan kesempatan perusahaan nasional untuk lebih berkontribusi di pasar domestik.

Kapal tersebut memenuhi spesifikasi maritim sehingga dapat dipergunakan juga untuk survei geologi dan geofisika, survei lingkungan dan perikanan, dan kegiatan penunjang kelautan lain selain survei seismik.

Kapal seismik yang dibeli Elnusa ini diklaim memiliki beberapa kelebihan dan kemampuan yang belum pernah dimiliki oleh kapal seismik berbendera Indonesia lainnya. Kapal tersebut berkapasitas membawa 12 streamer dengan panjang setiap streamer mencapai 10 km. Ini sangat ideal untuk melakukan pekerjaan survei seismik di area lautan luas dan dalam serta mampu menghasilkan gambar 3D seismic bawah permukaan dengan kualitas dan keakuratan yang sangat tinggi. Jadi bisa membuka peluang untuk menemukan dan mendapatkan cadangan migas baru di laut Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×