kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

J&T Express akan maksimalkan moda kereta api untuk distribusi di Pulau Jawa


Kamis, 22 Maret 2018 / 17:55 WIB
J&T Express akan maksimalkan moda kereta api untuk distribusi di Pulau Jawa
ILUSTRASI. Aktivitas bisnis logistik J&T Express


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan jasa pengiriman, J&T Express bakal memaksimalkan penggunaan moda kereta api untuk distribusi di area Jawa. Langkah ini dilakukan untuk mempersingkat jalur pengiriman langsung ke titik pedesaan atau kota kecil. 

J&T Express sudah melakukan uji coba pengiriman menggunakan moda kereta api selama tiga bulan terakhir.

Hasil dari uji coba itu, J&T Express dapat menghemat waktu pengiriman dari kota besar menuju kota kecil. Misalnya, dari Jakarta ke Cilacap yang biasanya memerlukan waktu pengiriman dua hari, saat ini hanya memerlukan waktu sekitar 24 jam-36 jam untuk sampai di tangan pelanggan. 

Yohanes Lim, Manager Cargo Operations J&T Express mengatakan, poin efisiensi dari segi perencanaan rute menjadi sesuatu yang diperhatikan oleh perusahaan. "Target kami adalah untuk mengurangi rute-rute transit dan kota-kota kecil dapat kami tempuh dengan rute secara langsung, sehingga kami dapat menawarkan service level agreement (SLA) yang lebih baik kepada konsumen," ujar Yohanes seperti dikutip dalam rilis Kamis (22/3).

Ke depan, kata Yohanes, pihaknya bakal membuka area yang belum didukung direct line-nya lantaran saat ini masih banyak yang dialokasikan ke jalur udara dan jalur darat dengan sistem transit. 

Dengan begitu, pihaknya optimistis setelah area-area tersebut dibuka, maka kecepatan pengiriman di area-area tersebut akan meningkat juga.

Yohanes bilang, kondisi geografis yang berada di dataran tinggi dan rendah memiliki infrastruktur yang kurang memadai. Hal inilah yang kemudian membuat J&T Express mengembangkan pengiriman melalui jalur kereta api untuk memberikan alternatif transportasi yang dapat meningkatkan efisiensi jalur distribusi dengan menjangkau daerah pedesaan baik di wilayah utara Jawa dan selatan Jawa menjadi lebih cepat di tengah kondisi infrastruktur yang masih kurang mendukung.

Dengan jalur kereta api, menurut Yohanes akan lebih menunjang pendistribusian barang yang tidak dapat dikirimkan melalui jalur udara seperti barang, yang termasuk ke dalam kategori dangerous good, motor, binatang hidup serta tanaman. Barang yang termasuk dalam kategori heavy cargo atau oversize cargo pun dapat dikirimkan melalui jalur kereta api. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×