kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejar pertumbuhan, ACST fokus garap proyek infrastruktur tahun ini


Kamis, 01 Maret 2018 / 22:43 WIB
Kejar pertumbuhan, ACST fokus garap proyek infrastruktur tahun ini
ILUSTRASI. Pertumbuhan PDB kuartal II


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Acset Indonusa Tbk (Acset) akan fokus menggarap proyek-proyek infrastruktur dan akan memperdalam keahlian di bidang soil improvement atau pemadatan tanah. Tujuannya, mendorong pertumbuhan yang dicapai perusahaan pada tahun 2017

Hanya saja, perusahaan kontraktor bagian dari Astra Group tersebut belum menetapkan target pendapatan maupun laba bersih tahun ini. Hanya saja untuk target kontrak baru, ACST membidik sekitar Rp 10 triliun atau tumbuh 19% dibandingkan pencapaian tahun 2017 sebesar Rp 8,4 triliun. "Kami belum menetapkan target (pendapatan dan laba bersih). Masih dihitung." kata Maria Cesilia Hapsari, Sekretaris Perusahaan ACST pada KONTAN, Kamis (1/3).

Sementara sepanjang 2017, ACST berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja yang cukup signifikan. Perusahaan konstruksi ini membukukan laba bersih Rp 154,2 miliar atau tumbuh 125,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2016 (year on year/yoy). Sedangkan pendapatan usahanya tumbuh 68,7% menjadi Rp 3 triliun atau meningkat 68,7% dari Rp 1,8 triliun pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan kinerja itu sejalan dengan pencapaian kontrak baru perusahaan. Tahun lalu, ACST berhasil membukukan kontrak anyar sebesar Rp 8,4 triliun, meningkat 121% dari Rp 3,8 triliun perolehan tahun 2016. Pencapaian tersebut jauh melampaui target perusahaan yang ditetapkan sebesar Rp 7,5 triliun.

Maria mengatakan, performa positif ini dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan pendapatan usaha, efisiensi beban umum dan administrasi serta adanya peningkatan pendapatan lainnya. "ACSET secara berkesinambungan terus mengupayakan yang terbaik dalam rangka menjaga kepercayaan pelanggannya." katanya.

Pendapatan usaha ACST disumbang sektor infrastruktur sebesar 63%, konstruksi 24%, fondasi 9% dan sektor lainnya sebesar 4%. Maria bilang, sektor infrastruktur masih memegang peranan terbesar dalam pendapatan Perusahaan mengingat bahwa sektor ini merupakan kontributor tertinggi dari total perolehan kontrak baru ACSET tahun 2017.

Proporsi perolehan kontrak baru tahun 2017 didominasi oleh sektor infrastruktur sebesar 88% dan sektor fondasi menyumbang 12%. Beberapa kontrak strategis yang didapat ACST adalah Tol Layang Jakarta-Cikampek II, Tol Bakauheni-Sidomulyo, Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong, pekerjaan soil improvement di Batang, mixed-used development di Kebon Sirih, PLTU Jepara Unit 5 dan 6, pekerjaan fondasi Menara Tendean dan pekerjaan sipil Light Rail Transit (LRT) Ruas Cawang-Dukuh Atas yang sebelumnya juga telah mempercayakan pekerjaan fondasinya kepada ACSET.

Hingga kini, ACSET masih mengerjakan proyek lainnya dengan jumlah kontrak sebesar Rp10,5triliun, yang terdiri dari proporsi carry over order tahun 2016 dan kontrak baru tahun 2017. Di tahun 2018, lanjut Maria, pihaknya berencana untuk terus aktif mengembangkan keahliannya guna menyasar proyek-proyek strategis yang dapat memberikan nilai tambah bagi kompetensi Perusahaan.

Selain memperkuat keahlian di bidang fondasi, struktur dan infrastruktur, ACSET juga akan memperdalam keahliannya di bidang soil improvement yang dibutuhkan dalam proses pembangunan fasilitas umum seperti pembangkit, pelabuhan dan bandar udara.

"Ke depannya, ACSET akan selalu mengutamakan prinsip safety dan quality sebagai prinsip utamanya dalam mengeksekusi seluruh pekerjaan yang ada guna mewujudkan visi ACSET di tahun 2020 sebagai The Largest Private Construction Company." Tutup Maria

Kejar Pertumbuhan, ACST Akan Fokus Garap Proyek Infrastruktur Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×