kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemperin dorong pertumbuhan startup untuk wadah pemasaran produk IKM


Rabu, 07 Februari 2018 / 06:20 WIB
Kemperin dorong pertumbuhan startup untuk wadah pemasaran produk IKM


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian perindustrian (Kemperin) menilai keberadaan startup diperlukan untuk menjual produk-produk dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) serta menumbuhkan perdagangan melalui e-commerce.

Dirjen IKM Kemperin Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya mengedukasi para IKM di Indonesia untuk memasarkan produknya melalui market place. Oleh karena itu, ada konsep pengembangan para IKM lewat e-Smart IKM.

"Kami fokus kepada sembilan komoditi yang kita masukkan ke dalam sentra-sentra, yaitu makanan, minuman, logam, kosmetik, perhiasan, kerajinan, herbal, suku cadang kendaraan, furnitur, hingga fesyen. Kita akan mengembangkan industri yang memiliki bahan baku lokal," kata dia.

Gati menambahkan, Kemenperin memberikan berbagai fasilitasi bagi pengembangan IKM. Yaitu, pengurusan hak cipta (HAKI), SNI, dan Klinik Kemasan.

Untuk menjadi startup yang berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengungkapkan, kunci keberhasilan pelaku bisnis startup dan wirausaha pemula harus memiliki lima poin penting.

Poin tersebut adalah pengetahuan, skill, networking, menangkap peluang, dan perilaku. Agus menuturkan pengetahuan tanpa skill, masih belum cukup untuk mencapai keberhasilan secara maksimal.

Dengan skill tinggi kita bisa menciptakan bran yang dikenal punya pengaruh yang kuat dalam memasarkan produk dari seseorang sebagai pelaku bisnis startup. Agus melanjutkan pengetahuan dan skill juga akan lebih baik bila Startup memiliki networking bisnis yang luas.

"Begitu pula bila perlu memiliki kemampuan lebih untuk menangkap peluang yang ada. Dan yang tak kalah penting adalah sikap yang juga bisa menentukan sukses tidaknya kita dalam berbisnis ke depan", pungkas Agus.

Agus bilang Kemenkop UKM memiliki program strategis dalam mendorong pertumbuhan usaha rintisan. Ada permodalan maksimal Rp13 juta per orang yang bisa dimanfaatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×