kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kyokuto Indomobil pasarkan mesin parkir otomatis


Senin, 22 Mei 2017 / 19:23 WIB
Kyokuto Indomobil pasarkan mesin parkir otomatis


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia, anak perusahaan PT Indomobil Sales Tbk memproduksi mesin parkir otomatis. Untuk tahap awal, mesin parkir ini bakal menjadi fasilitas penunjang gedung Indomobil Tower yang akan selesai dalam dua bulan ke depan. Nilai investasi pemasangan dan harga mesin parkir di Indomobil Towe ini senilai Rp 5 miliar.

Jadi, pengemudi mobil tinggal meletakkan mobilnya di satu slot kosong di pintu parkir. Lalu sistem komputer akan mengarahkan mobil tersebut ke tempat parkir tertentu, entah di lantai 1, 2, 3 atau 4.

Saat mengambil mobil pun pengemudi tinggal mengoperasikan controller dengan input slot parkir mobil nomor berapa yang ingin diambil. Kemudian, secara otomatis mobil yang ada di slot nomor yang dipilih akan turun dan tersedia di pintu keluar untuk segera digunakan pemilik mobil.

Presiden Direktur Indomobil Sales, Jusak Kertowidjojo, mengatakan, dengan adanya mesin parkir otomatis ini bisa membuat sistem perparkiran menjadi lebih efisien. "Juga ini bisa jadi solusi tempat parkir yang kian berkurang," ujarnya, Senin (22/5). 

Untuk mesin parkir di Indomobil Tower nantinya bakal menampung 46 mobil. Dana yang di perlukan untuk membeli mesin ini tergantung jumlah ruang mobil (pallet) yang diinginkan. Harga per pallet itu senilai Rp 125 juta. Minimal pemasangan satu mesin tersedia ukuran empat baris dengan tiga tingkat. 

Sales Operation Manager PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia, Justinus Ade Sanjaya mengatakan, setiap satu mesin parkir harus disediakan dua ruang mobil kosong. Misalnya untuk mesin parkir ukuran empat baris dengan tiga tingkat, jumlah mobil yang bisa parkir ialah 10 mobil. 

"Mekanismenya mirip puzzle, dan semuanya otomatis diatur mesin. Setiap pallet sudah ditandai nomer, jadi jika ingin memarkir dan mengeluarkan mobil tinggal tekan saja nomer yang dituju," kata Ade.

Kyokuto Indomobil juga tengah menjajaki pasar di luar grup perusahaan. Segmen yang diincar mulai dari hunian apartemen, gedung-gedung area perkantoran di Sudirman dan stasiun KRL dan kereta api. "Kebetulan kita sedang berusaha menawarkan mesin parkir ini kepada KAI," kata Ade. Kyokuto Indomobil saat ini masih mendatangkannya teknologi ini langsung dari Kyokuto, Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×