kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LG akan ekspansi pabrik di Tangerang


Rabu, 13 Oktober 2010 / 07:13 WIB
LG akan ekspansi pabrik di Tangerang
ILUSTRASI. Contoh LRT buatan PT Len Industri


Reporter: Herlina KD |

JAKARTA. LG Electronics memastikan bakal memantapkan cakar bisnisnya di Indonesia dengan memperluas pabriknya di Tangerang. Saat ini, LG ini tengah mencari tanah untuk perluasan pabrik di yang memproduksi kulkas tersebut. Tak hanya kulkas, rencananya LG juga akan ekspansi pabrik TV-nya.

Kepastian mengenai ekspansi perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut dikantongi oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)N Gita Wirjawan dan tim dari Indonesia usai lawatannya ke Negeri Ginseng akhir September lalu.

"Iya mereka akan mulai melakukan ekspansi pabrik pada tahun depan," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat, Selasa (12/10).

Menurut Gita, selain berencana memperluas pabrik Tangerang, saat ini LG dan pihak BKPM juga tengah melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan untuk melakukan ekspansi untuk pabrik televisi; produk yang diproduksi di pabriknya di Cibitung, Jawa Barat, bersama dengan DVD, home theater dan semua produk audio. Menurut Gita, televisi LG memiliki pasar yang cukup baik di Indonesia.

"Pangsa pasarnya sekitar 40%. Saat ini mereka (LG) juga sedang melakukan feasibility study mengenai rencana ini, termasuk mencari tanah untuk lokasinya," jelas Gita.

Sayangnya, Gita belum bisa memastikan berapa besar nilai investasi yang akan disuntikkan LG untuk ekspansi ini. Namun ia menegaskan, jika LG benar-benar melakukan ekspansi pabriknya, maka potensi nilai investasi yang akan masuk lumayan besar. "Kalau mereka jadi ekspansi untuk pabrik TV juga, nilainya besar, bisa mencapai ratusan juta dolar," kata Gita.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran LG Electronics Indonesia Budi Setiawan mengatakan LG memang akan melakukan ekspansi di Indonesia karena kapasitas pabrik LG yang saat ini ada sudah hampir penuh.

Budi bilang, kemungkinan pabrik baru ini akan dibangun di Legok, Tangerang. Alasannya, selama ini LG sudah memiliki pabrik kulkas yang berlokasi di Tangerang. Budi bilang, dengan ekspansi ini, posisi LG di Indonesia akan semakin besar dan bisa menjadi salah satu basis ekspor untuk produk LG Electronics.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×