: WIB    --   
indikator  I  

Mahadya revisi target ekspansi tambah gerai

Mahadya revisi target ekspansi tambah gerai

JAKARTA. Ekspansi PT Tiara Marga Trakindo (Grup Trakindo) di bidang makanan dan ritel tidak berjalan mulus. Lewat anak usaha PT Mega Mahadana Hadiya (Mahadya), pengelola restoran cepat saji Carl's Jr, Wings Stop, dan supermarket Loka ini merevisi target bisnis yang mereka patok tahun ini. Mereka mengaku butuh waktu untuk pencitraan dan penyelesaian tambahan gerai.

Menurut Irzan Hanafiah Pulungan, Presiden Direktur Mega Mahadana Hadiya, pihaknya menyadari untuk mengoptimalkan potensi pasar, perlu mengevaluasi dari gerai yang sudah ada. 
Nah, untuk bisa mewujudkan gerai makanan dan supermarket yang optimal, butuh waktu. "Lebih baik optimal daripada tergesa mengejar target tapi tidak memuaskan," kata Irzan kepada KONTAN, (19/10).

Tanpa memperinci apa perbaikan yang dimaksud, Mahadya kini tengah memperbaiki model gerai. Langkah ini untuk menggenjot trafik konsumen yang datang ke gerai makan dan supermarkat Mahadya. Imbasnya, manajemen belum menentukan target penjualan harian termasuk target bisnis di akhir 2014 ini.

Sebelumnya, pada Agustus 2014, Mahadya menargetkan supermarket Loka mampu meraup penjualan harian sekitar Rp 150 juta. "Saat ini baru ke arah sana tapi belum tercapai," kata Irzan.

Ekspansi tahun depan 

Meski target harian saat ini belum tercapai, Mahadya tetap puas dengan pencapaian bisnis Loka. Tanpa menyebut angka, Irzan bilang pencapaian masih di kategori wajar.

Selain target penjualan, Mahadya sebelumnya juga berencana menambah tiga gerai Loka lagi di Jakarta, Surabaya, dan Balikpapan. Rencana ini bakal melengkapi dua Loka yang sudah beroperasi di Tangerang Selatan dan Malang. 

Nah, revisinya adalah dua gerai tambahan bisa terwujud  akhir tahun ini. Satu gerai  yang sudah pasti dibuka awal Desember 2014 nanti berlokasi di Cibubur, Jakarta Timur. Sedangkan gerai di Balikpapan belum terjadwal. Lantas, satu gerai lagi di awal 2014.

Sebelumnya, Mahadya menargetkan gerai di Semarang bisa buka September 2014. Dan dua gerai lain di  Cibubur dan Balikpapan di bulan ini.

Revisi juga berlaku bagi restoran cepat saji Wings Stop yang rencananya dibuka lima gerai tahun ini. Namun, Mahadya merevisi menjadi empat gerai saja. Saat ini, Wings Stop sudah ada di Margo City Depok dan Setiabudi Building. "Minggu depan akan kami buka di  Bintaro Xchange dan Cinere Bellevue Mall," kata Irzan. 

Begitu pula target tambahan gerai Carl's Jr juga ikut terpangkas cukup dalam. Dari rencana membuka delapan gerai sampai akhir 2014 menjadi lima sampai enam gerai saja. "November nanti akan buka di Surabaya," katanya.

Saat ini, baru ada tiga gerai Carl's Jr, yakni di Bandara Juanda Surabaya, Bintaro dan Cinere Bellevue Mall. Artinya  masih ada dua gerai lagi yang bakal dibuka. Namun Irzan masih merahasikan dua lokasi gerai tambahan lainnya.

Untuk tahun ini, Mahadya bakal memperkuat program pemasaran dan pencitraan supaya bisa lebih dikenal konsumen. Tahun berikutnya, baru ekspansi penambahan gerai. Menyasar kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, atau bisa juga Bandung. Sedangkan untuk Loka bisa juga ada di Balikpapan.


Reporter Namira Daufina
Editor Yudho Winarto

KINERJA MAHADYA

Feedback   ↑ x
Close [X]