kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,74   -6,61   -0.71%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Monsanto targetkan produksi benih jagung 6.000 ton


Senin, 11 Juli 2016 / 18:14 WIB
Monsanto targetkan produksi benih jagung 6.000 ton


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Perusahaan produsen benih Monsanto menargetkan produksi benih jagung hibirida tahun ini sebesar 6.000 ton. Target tersebut sama dengan realisasi produksi tahun lalu. 

Tidak bertambahnya target produksi benih jagung hibrida ini didasarkan pada kebijakan pemerintah yang membagikan benih jagung gratis pada tahun ini untuk lahan seluas 1 juta ha. Dengan adanya benih gratis, maka permintaan terhadap benih jagung produksi swasta berkurang.

Herry Kristanto, Corporate Engagement Lead, Monsanto mengatakan saat ini kapasitas produksi benih Monsanto Indonesia sebesar 13.500 ton per tahun. 

Namun, kapasitas produksi itu baru terisi sedikit sebesar 6.000 ton saja, dimana 30% diantaranya di ekspor dan sisanya di jual di dalam negeri. 

Kapasitas produksi benih yang besar ini nantinya akan digunanakan untuk pengembangan produksi jagung bioteknologi. 

"Kami menjual benih jagung hibirida sebesar Rp 60.000 per kilogram (kg)," ujar Herry pekan lalu.

Herry menjelaskan, pembagian benih jagung gratis dari pemerintah ini sebenarnya baik untuk mendukung pengembangan jagung dalam negeri. Sebab, sesuai rencana awal, benih jagung gratis ini digunakan untuk pengembangan jagung di lahan baru. 

Tapi, fakta di lapangan, benih jagung ini juga merembes ke petani jagung lama yang menanamnya di lahan yang sudah ada. Alhasil, penjualan benih jagung dari perusahaan menurun.

Dalam mengembangkan benih jagung, Monsanto menjalin kerjasama dengan para petani jagung di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Herry menambahkan, saat ini sudah ada 25.000 sampai 30.000 hektare lahan petani yang sudah dipakai untuk pengembangan benihnya jagung hibrida. 

Jika izin pengembangan benih jagung bioteknologi sudah keluar, kata Herry, Monsanto akan memperluas lagi kerjasama dengan petani sampai 70.000 ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×