kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo I mengejar pengembangan pelabuhan


Selasa, 21 November 2017 / 22:47 WIB
Pelindo I mengejar pengembangan pelabuhan


Reporter: Mila Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini Pelindo I sedang mengembangkan beberapa pelabuhan seperti pelabuhan Belawan, Kuala Tanjung, Dumai dan Batam. Hingga saat ini beberapa pelabuhan masih dalam tahap pengembangan, ditargetkan semua pelabuhan yang sedang dikembangkan selambat-lambatnya rampung pada tahun 2018 akhir.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I, Bambang Eka Cahyana mengatakan bahwa dalam tahap satu ini, pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung sudah mencapai 93,75% , kemudian di sisi darat sudah mencapai 72%.

Selain Kuala Tanjung, Pelindo I juga menata ulang pelabuhan Belawan dan sudah hapir selesai, namun yang belum selesai adalah pengembangan terminal peti kemas di Belawan. Selain mengembangkan peti kemas di Belawan, Pelindo I juga mengembangkan peti kemas perintisan.

Bambang mengatakan bahwa Pelindo I memiliki misi membangun pertumbuhan ekonomi di wilayah. “Jadi kita punya satu program, disetiap ibu kota provinsi itu kita kembangkan terminal Petikemas ke perintisan,” ungkapnya pada Kontan.co.id, Selasa (21/11).

Ia menganggap bahwa nantinya peti kemas mampu menekan biaya logistik sekitsar 30%, ia mencontohkan bahwa sebelum dibangun peti kemas, biaya pengiriman dari Jakarta menuju Malahayati Aceh mencapai Rp 17 juta. Namun setelah adanya peti kemas ini biaya pengiriman menjadi Rp 9 juta per peti kemas.

Bambang mengaku setiap tahun rata-rata Pelindo I mengeluarkan investasi mencapai Rp 2 triliun, investasi ini di luar anak perusahaan.

Setelah tahap pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung, nantinya Pelindo I akan membangun kawasan industri.

“Sekarang ini sudah ada 10 perusahaan besar yang akan membangun industri di kawasan Kuala Tanjung seperti RAPP, kemudian Maspion juga akan bangun di situ,” bebernya.

Pada 2018 mendatang, Pelindo I menargetkan peningkatan laba usaha tembus di angka Rp 1 triliun, sebab Pelindo menargetkan pertumbuhan minimal 20% - 30% per tahunnya sehingga dalam waktu lima tahun Pelindo I bisa mencapai pertumbuhan hingga 100%.

Hingga saat ini pertumbuhan pendapatan di Pelindo I sudah mencapai 20%, Bambang mengatakan jika ini masih on track.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×