: WIB    —   
indikator  I  

Pemerintah akan gali basis ekonomi sektor digital

Pemerintah akan gali basis ekonomi sektor digital

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri digital diharapkan bisa mendorong perekonomian nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menjelaskan Indonesia butuh dorongan pendapatan negara dari sektor digital.

Apalagi, menurutnya dari rapat intenal pemerintah melihat sektor seperti perbankan hanya bisa tumbuh single digit. Sedangkan sektor komunikasi dan media bisa tumbuh dua digit.

Ditambah sektor pertanian tumbuhnya single digit, serta sektor perindustrian yang menyerap lapangan kerja pertumbuhan ada tapi tidak tinggi. "Harapan ekonomi kita bisa shift yang tadinya bertumpu pada minyak, batubara, karet beralih ke ekonomi berbasis layanan dan services," kata Rudiantara, Senin (9/10).

Dalam mengembangkan ekonomi itu menurutnya perlu ada ekosistem yang baik.Baik itu fasilitas jaringan, dukungan pemerintah ,sehingga ada nilai tambah.

Dari sisi device dan jaringan sudah ada instrumen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang wajib. Tujuannya agar bisa mengundang investor asing agar bermanfaat bagi perekonomian nasional.

"Lewat pengembangan aplikasi seperti Samsung ini bisa masuk skema komitmen TKDN software," tuturnya.

Sehingga tidak hanya pemenuhan TKDN 30% dalam manufaktur tetapi juga software. Diharapkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk pembuatan software ini menurutnya bisa terus dijalankan tidak hanya dari Samsung tapi semua perusahaan ponsel lain.


 


Reporter Eldo Christoffel Rafael
Editor Sanny Cicilia

INDUSTRI TEKNOLOGI

Feedback   ↑ x
Close [X]