: WIB    —   
indikator  I  

Pemerintah apresiasi AJWELP kembangkan startup

Pemerintah apresiasi AJWELP kembangkan startup

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram mengapresiasi diselenggarakannya ASEAN-Japan Women Entrepreneurs Linkage Program (AJWELP) 2017. Lantaran menumbuhkembangkan wirausaha baru yang khususnya di kalangan perempuan.

"Acara yang mendatangkan perwakilan pengusaha baru atau start-up di negara-negara ASEAN ini sangat mendukung dalam upaya kita menumbuhkan kewirausahaan yang berdaya saing," ujar Agus dalam keterangan tertulis kepada Kontan.co.id pada Rabu (6/12).

Agus menjelaskan, dengan tiadanya lagi jarak ruang dan waktu berkat e-commerce, maka start-up harus bisa tumbuh menjadi pengusaha baru yang memiliki daya saing global.

"Dengan e-commerce, kita harus siap misalnya buyer kita ternyata dari Jepang, Korea dan sebagainya. Dengan saling menimba informasi melalui AJWELP ini, pengusaha ASEAN khususnya Indonesia akan punya nilai tambah," kata Agus.

Menurut Agus, digelarnya acara ini juga memberikan nuansa dan wawasan baru bagi peserta maupun para start-up, bahwa menembus pasar regional maupun global bukanlah hal yang sulit untuk dicapai, asalkan mau mengikuti perkembangan global dan IT pada khususnya.

" Dalam AJWELP peserta saling belajar berbagi pengalaman dalam merintis usaha, juga mendapat pelatihan dari para mentor," kata Sekjen ASEAN-Japan Centre, Matasaka Fujita.

Maksud digelarnya acara ini yaitu memberikan wawasan dan pembekalan pada start-up untuk bisa lebih memberikan kontribusi baik di pasar domestik maupun mancanegara.

Masing-masing peserta lantas melakukan presentasi di depan mentor yang nantinya akan dipilih beberapa start-up untuk dibantu, sesuai dengan kebutuhan masing-masing start-up.

Perwakilan dari masing-masing negara memiliki ragam bisnis berbeda-beda, mulai dari manufaktur, agribisnis, maupun teknologi. 


Reporter Maizal Walfajri
Editor Yudho Winarto

BISNIS START-UP

Feedback   ↑ x