: WIB    —   
indikator  I  

Pemerintah belum akan tambah kuota LPG di 2018

Pemerintah belum akan tambah kuota LPG di 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kelangkaan pasokan LPG 3 kg di sejumlah wilayah yang terjadi pada awal Desember 2017 ini tidak membuat pemerintah akan menambah jumlah kuota LPG 3 kg bersubsidi dalam APBN 2018.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar bilang, pasokan yang sudah disiapkan Pertamina tahun depan masih mencukupi kebutuhan masyarakat.

Agar tidak terulang kembali kurangnya pasokan LPG 3 Kg di masyarakat, Arcandara pun menyebut pemerintah bersama Pertamina akan terus melakukan pendataan hari per hari mengenai kebutuhan LPG 3 kg. Selama tahun ini, rata-rata konsumsi LPG 3 kg mencapai sekitar 20.1000-20.400 per hari.

Pemerintah juga akan menganalisis lonjakan kebutuhan LPG terutama di hari libur. Dengan begitu pasokan LPG untuk masyarakat bisa terpenuhi oleh Pertamina. Pertamina saat ini tercatat telah memiliki cadangan stok LPG selama 19-20 hari. "Ini jadi standar prosedur Pertamina untuk mengamankan stok LPG di seluruh Indonesia," imbuh Arcandra.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Plt Sekjen) Ego Syahrial menambahkan, pemerintah dan Pertamina pada tahun ini juga sudah mulai aktif menyosialisasikan penggunaan LPG non subsidi terutama untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS). "Kami kerja sama hampir 128 Kota/Kabupaten, dan komitmen untuk PNS, bahwa LPG 3 kg itu untuk rakyat miskin," kata Ego.


Reporter Febrina Ratna Iskana
Editor Rizki Caturini

ELPIJI LANGKA

Feedback   ↑ x
Close [X]