kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   5,02   0.56%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Longgarkan Larangan Ekspor Pasir


Selasa, 10 Juni 2008 / 16:11 WIB


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Test Test

JAKARTA.Pemerintah melonggarkan aturan ekspor pasir. Departemen Perdagangan (Depdag) akan membuka larangan ekspor pasir ke luar negeri. Direktur Ekspor Produk Pertambangan dan Industri Depdag Hartojo Agus Tjahjono mengatakan bahwa yang akan diperbolehkan untuk ekspor itu hanya untuk pasir silika olahan saja. "Untuk ekspor pasir jenis yang lain itu tetap dilarang," ujar Agus.

Menurut Agus, dibukanya larangan ekspor ini sudah mengkaji aspek pelestarian lingkungan dan kedaulatan Republik Indonesia. "Pasir silika ini didapat dari daratan bukan lautan. Jadinya kerusakan lingkungan bisa diminimalisir," ujarnya. Sementara untuk isu kedaulatan, Agus mengatakan bahwa pasir silika ini tidak akan bisa digunakan reklamasi pantai Singapura, karena jenis pasir ini mempunyai kualitas tinggi mengandung silikon 98%. "Jadi Singapura tidak ekonomis untuk memakai pasir ini untuk menguruk," ujarnya. ibukanya aturanĀ  ekspor ini juga mengikutsertakan berbagai syarat yang harus dipenuhi oleh eksportir. Syarat tersebut antara lain adalah wajib verifikasi, lalu yang bisa melakukan ekspor adalah eksportir terdaftar. "Syarat sengaja dibuat ketat, agar terdeteksi oleh kita," ujarnya.

Selama ini memang pasir silika menjadi produk yang dilarang untik diekspor. Pelarangan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 02/M-DAG/PER/1/2007 tentang larangan ekspor pasir, tanah dan top soil dan berlaku sejak 23 Januari 2007. Dalam peraturan tersebut disebutkan empat nomor pos tarif (harmonize system/HS) yang dilarang ekspor. Diantaranya adalah: pasir alam, pasir silika, pasir kwarsa, dan tanah liat.

Dengan dibukanya ekspor pasir silika ini maka peluang negara untuk mendapatkan devisa terbuka lebar. Pasalnya banyak negara lain yang sangat membutuhkan pasar silika ini untuk industri dalam negrinya. Agus mengatakan sedikitnya ada 3 negara yang akan menjadi negara tujuan ekspor pasir silika ini. Diantaranya adalah Jepang, Korea Selatan dan Filipina. "Pasir silika ini banyak digunakan untuk industri kaca, kaca mobil dan keramik," ujarnya. Pasir silika ini tidak banyak juga sulit untuk didapatkan negara lain. Agus mengatakan di dalam negri saja cuma ada 2 daerah penghasil yaitu di Bangka Belitung dan Kalimantan Selatan.

Diperbolehkannya ekspor pasir silika ini akan tertuang dalam Permendag. Saat ini pembahasan tentang aturan ini sudah hampir mencapai final, sesuai membahas dengan beberapa Departemen ESDM, Kementrian Lingkungan Hidup dan Departemen Perindustrian. "Pembahasannya tinggal sekali lagi dengan Departemen Luar Negri.Mudah-mudahan tahun ini bisa terlaksana," ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×