kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbangan Garuda ke Yogya dialihkan ke Solo


Kamis, 02 Februari 2017 / 13:02 WIB
Penerbangan Garuda ke Yogya dialihkan ke Solo


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Garuda Indonesia untuk sementara waktu mengalihkan seluruh penerbangan tujuan Yogyakarta melalui Solo, mengingat masih berlangsungnya penutupan runway Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Sehubungan peristiwa slip-nya pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 258 yang terjadi pada hari Rabu malam (1/17) kemarin.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Untuk penanganan lebih lanjut seluruh penerbangan Garuda Indonesia tujuan maupun asal Yogyakarta sebanyak 29 penerbangan (pp) dialihkan ke Bandara Adi Sumarmo Solo”, kata VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar melalui siaran resminya, Kamis (2/2).

Penerbangan yang dialihkan adalah; Jakarta – Yogyakarta pp (9 kali penerbangan), Denpasar – Yogyakarta pp (tiga penerbangan), Makassar – Yogyakarta (dua penerbangan pp dan satu penerbangan reschedule). Sementara, karena alasan teknis operasional, penerbangan Balikpapan – Yogyakarta pp (satu kali penerbangan) dan Surabaya – Yogyakarta pp (satu kali penerbangan) pada hari ini dinyatakan dibatalkan.

Untuk penanganan seluruh penumpang tujuan Yogyakarta tersebut, Garuda Indonesia telah menyiapkan sarana transportasi berupa bus yang saat ini telah standby di Bandara Adi Sumarmo, Solo untuk mengangkut penumpang menuju Yogyakarta.

Mengenai aktivitas evakuasi pesawat, Benny menjelaskan bahwa  proses evakuasi pesawat sampai saat ini masih terus dilakukan oleh Garuda Indonesia yang bekerja sama dengan petugas gabungan Bandara Adi Sucipto mulai dari otoritas bandara hingga pihak TNI AU guna mempercepat proses evakuasi pesawat tersebut.

Sesuai dengan Notice to Airman (NOTAM No/B0766/17) penutupan bandara Adi Sucipto Yogyakarta hari ini hingga pukul 15.00 WIB.

"Garuda Indonesia terus berusaha semaksimal mungkin untuk dapat segera mengevakuasi pesawat jenis Boeing 737 - 800 NG yang berbobot sekitar 40 ton tersebut melalui berbagai upaya, di antaranya evakuasi  dengan menggunakan air baloon yang khusus didatangkan dari Jakarta guna mengangkat setiap sisi badan pesawat, agar memudahkan mengangkat roda pesawat. Setelah itu melapisi tanah yang basah/lembek dengan pasir batu dan plat baja supaya membentuk jalan untuk pesawat bisa ditarik ke areal parkir," katanya.

Lebih jauh Benny mengatakan bahwa Garuda Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menangani proses evakuasi pesawat tersebut. "Tim gabungan dari Jakarta yang terdiri dari GMF dan KNKT telah kami datangkan untuk dapat membantu memaksimalkan proses evakuasi pesawat tersebut. Kami targetkan proses evakuasi pesawat akan selesai pada siang hari ini” tutup Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×