kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbangan kalibrasi sukses, sisi udara Bandara Kertajati siap beroperasi


Sabtu, 31 Maret 2018 / 11:36 WIB
Penerbangan kalibrasi sukses, sisi udara Bandara Kertajati siap beroperasi
ILUSTRASI. Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menyambut positif penerbangan kalibrasi yang berhasil dilakukan pada Kamis (29/3) di bakal Bandara Kertajati, Majalengka Jawa Barat. Penerbangan tersebut dilakukan oleh Balai Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara yang bekerjasama dengan AirNav Indonesia dan pengelola Bandara Internasional Jawa Barat.

Menurut Agus, keberhasilan penerbangan tersebut menandakan sisi udara bandara sudah siap dioperasikan, mendekati target pengoperasian keseluruhan bandara pada pertengahan tahun ini.

"Penerbangan Kalibrasi ini adalah penerbangan perdana di Bandara Kertajati. Penerbangan tersebut untuk memastikan kesiapan runway dan peralatan-peralatan lain di sisi udara suatu bandara. Dengan keberhasilan penerbangan ini, bisa dikatakan sisi udara bandara siap untuk dioperasikan," ujar Agus dalam keterangan resminya, Sabtu (31/3).

Bandara ini nantinya akan melayani transportasi udara bagi sebagian masyarakat Jawa Barat dan Jawa Tengah dan mengurangi kepadatan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. Bandara ini juga akan digunakan sebagai bandara embarkasi Haji wilayah Jawa Barat.

Pendirian Bandara Kertajati pada awalnya merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menyiapkan lahan. Pembangunan konstruksi runway sepanjang  2.500 meter dan lebar 60 meter, apron dan taxiway dengan menggunakan dana APBN.

Penerbangan kalibrasi ini dilakukan dengan menggunakan pesawat jenis Beechcraft King Air B350- i registrasi PK-CAP dengan kapasitas enam penumpang. Penerbangan ini untuk Flight  Commisioning Precision Approach Path Indicator (PAPI) dan Flight Validation Instrument Flight Procedure.

Sebagai Pilot in Command (PIC) pesawat adalah Capt Sri Mulyanto dengan First Officer Khairuna Fauzi, Flight Inspector I (PO) Dian Yusuf Aminudin, Flight Officer II (TO) Wahyu Wicaksono, Flight Mechanic Dennis Sagia, Asisten Fit Mechanic Ary Firmansyah dari Balai Kalibrasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Pesawat lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dan landing di Bandara Kertajati pada pukul 08.21 WIB. Pesawat kemudian take off dari Bandara Kertajati pada pukul 10.25 WIB untuk pengecekan fasilitas pendaratan PAPI. Pengecekan selesai pada pukul 11.51 WIB dan pesawat mendarat.

Landing pertama tersebut merupakan serangkaian pengujian kalibrasi terhadap instumen alat navigasi. Hal ini dilakukan untuk mencari formulasi panduan pesawat saat melakukan penerbangan selanjutnya di Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×