kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbangan nasional makin aman


Selasa, 21 November 2017 / 21:56 WIB
Penerbangan nasional makin aman


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA - Sektor Perhubungan Udara Indonesia memperoleh Audit Keselamatan Penerbangan Internasional yang jauh di atas rata-rata dunia.

Dari hasil On Site Visit ICAO Coordinated Validation Mission (ICVM) Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) yang dilakukan pada tanggal 10-18 Oktober 2017 lalu, nilai efektivitas implementasi Indonesia mencapai 81,15 %. Pencapaian tersebut jauh di atas rata-rata efektivitas implementasi negara lain di dunia yakni 62 %.

Dengan hasil ini, Indonesia menduduki rangking ke-10 jika dibandingkan dengan negara di Asia Pasifik. Sedangkan secara global Indonesia naik ke peringkat ke 55 dari sebelumnya  berada di peringkat 151.

"Ini menunjukkan kinerja penerbangan Indonesia diakui  dunia Internasional. Terutama dalam hal implementasi aturan keselamatan penerbangan Internasional yang tercantum dalam Annex 1 s/d 19 ICAO,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso , Selasa (21/11).

Agus menambahkan, ICAO merupakan organisasi dunia yang mengatur dan mengaudit pemenuhan keselamatan pada penerbangan sipil. Di tahun 2007 Indonesia, mengantongi angka pemenuhan 54,95 %, di mana Organisasi Ekonomi Penerbangan Eropa atau Europhean Union (EU), menjatuhkan larangan terhadap maskapai Indonesia untuk terbang di Eropa (EU Ban).

Agus Santoso bertekad Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan harus dapat memenuhi Safety Compliance yang dipersyaratkan oleh ICAO yaitu diistilahkan Global Aviation Safety Plan yang menetapkan angka minimum 60%, bahkan harus jauh di atas persyaratan tersebut.

Agus menjelaskan, penilaian yang dilakukan ICAO itu menyangkut berbagai protokol question yang terdiri dari delapan elemen area, mulai dari legislasi, organisasi, lisensi perseorangan, pengoperasian, kelaikan terbang, navigasi, search and resque, dan bandara. Hampir semuanya menunjukkan pertumbuhan tajam dari titik terendah di tahun 2014 yang cuma 45%, kemudian meloncat tajam pada tahun 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×