kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,22   7,82   0.87%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringati Hari Bumi, Indo Raya Tenaga (IRT) Gelar Uji Emisi Gratis


Selasa, 30 April 2024 / 04:55 WIB
Peringati Hari Bumi, Indo Raya Tenaga (IRT) Gelar Uji Emisi Gratis
ILUSTRASI. PT Indo Raya Tenaga (IRT)?menjalin kerjasama dengan Doosan Enerbility untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan di PLTU Jawa 9 dan 10.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indo Raya Tenaga (IRT) melakukan uji emisi gratis. Uji emisi ini ditujukan kepada kendaraan operasional karyawan dan kendaraan operasional warga Kelurahan Suralaya dan Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, Banten. 

Kegiatan ini digelar 24-26 April 2024 di halaman parkir Site Office perusahaan pengelola PLTU Jawa 9 & 10 di Suralaya, Cilegon. Agenda ini merupakan bagian dari peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April 2024. Dalam gelaran uji emisi gratis ini, IRT bekerjasama dengan PT Hyundai Andalan Cilegon. 

Manager Bidang Lingkungan PT IRT Tresna Yesyurun menuturkan, uji emisi ini dalam rangka mendukung pemerintah membantu mengidentifikasi kendaraan yang mengeluarkan polutan melebihi batas yang dapat diterima sehingga berkontribusi terhadap polusi udara. "Uji emisi rutin, tidak hanya membantu menjaga lingkungan tetap bersih namun juga memastikan kendaraan Anda berjalan efisien," tutur Tresna. 

Baca Juga: PLTU Jawa 9 dan 10 akan Jadi Pembangkit yang Manfaatkan Amonia dan Hidrogen Hijau

Tresna menambahkan, untuk mendukung pengurangan emisi dan program pemerintah terkait mobil listrik, IRT telah menggunakan mobil listrik berbasis baterai (BEV) untuk seluruh armada kendaraan operasionalnya.

"Tentunya uji emisi ini harus bisa dilakukan dan menjadi referensi industri yang berada di Kota Cilegon. Dengan demikian, polusi yang ada di Kota Cilegon bisa dikontrol oleh instansi terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup. Peran swasta dalam hal ini industri, akan bisa bekerja sama dalam rangka menekan polusi yang ada di wilayah Cilegon," kata Koordinator Pemerhati Pembangunan Lingkungan Hidup Indonesia (PPLHI) Kota Cilegon Nina Marlina dalam rilis, Senin (29/4).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Sabri Mahyudin mengaku, mendukung penuh perusahaan di Kota Cilegon yang menggelar uji emisi seperti yang dilakukan IRT. "Untuk industri yang akan dan sudah  melakukan kegiatan uji emisi kami selaku pemerintah akan selalu mendukung program yang positif ini," ucap Sabri.

IRT menyebut, ada 38 unit kendaraan pribadi dan karyawan, serta delapan unit kendaraan pribadi perwakilan masyarakat di wilayah Suralaya dan Lebakgede yang melakukan uji emisi. Kendaraan yang lolos uji emisi, kemudian menerima sertifikat gratis dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon, sebagai pengakuan atas upaya masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Baca Juga: Indo Raya Tenaga Gelar Vaksinasi Booster pada Karyawan dan Masyarakat Sekitar

Sementara itu, Kepala Kelurahan Suralaya Sarmanah menyatakan, peringatan Hari Bumi Sedunia sudah selayaknya dilaksanakan dengan aksi nyata, bukan sekadar ajang berkumpul untuk mencemaskan bumi. "Kelestarian bumi bukanlah tanggungjawab perorangan, namun kelestarian bumi menjadi tanggungjawab semua pihak yang hidup di bumi tanpa terkecuali," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×