kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina bangun SPBU Modular di Kalimantan


Kamis, 24 Agustus 2017 / 14:34 WIB
 Pertamina bangun SPBU Modular di Kalimantan


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - PT Pertamina (Persero) kembali menambah jumlah SPBU di Pulau Kalimantan untuk menyukseskan program BBM Satu Harga. SPBU Modular ini terletak di Desa Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh yang  nantinya akan menyediakan produk Premium, Pertalite dan Dexlite.

SPBU ini merupakan salah satu titik lembaga penyalur dalam program BBM satu harga yang dicanangkan pemerintah untuk mengupayakan pemerataan biaya di seluruh Indonesia. Di wilayah Kalimantan, Pertamina mengemban tugas untuk melakukan program BBM Satu Harga di 15 titik yang tersebar di lima provinsi.

Sejauh ini sudah terealisasi sebanyak tiga titik yaitu di (1) Long Apari, Kab. Mahakam, Kalimantan Timur (2) Jagoi Babang, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat (3) dan Krayan, Kalimantan Utara. Menyusul setelah SPBU Modular di Danau Sembuluh, akan segera beroperasi pula di Kalimantan Barat, Kab. Sambas, Kecamatan Paloh.

Upaya Pertamina merealisasikan BBM satu harga di beberapa wilayah sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM No. 36 Tahun 2016, perihal percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) & Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara nasional, yang diberlakukan sejak 1 Januari 2017.

Upaya Pertamina berhasil menekan harga BBM di Long Apari dengan harga awal 1 liter premium dan solar yaitu Rp 15.000- Rp 18.000 menjadi Rp 6.450 per liter untuk premium dan solar sebesar Rp 5.150 per liter.

Tidak jauh berbeda dengan penyaluran ke Long Apari, upaya Pertamina dalam mewujudkan BBM 1 harga di wilayah Seruyan pun dipenuhi dengan berbagai tantangan, khususnya kendala infrastruktur. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Haryono melalui sambutannya pada acara peresmian menyatakan apresiasinya kepada Pertamina yang telah mewujudkan program BBM Satu Harga di kabupaten ter muda di Kalimantan Tengah ini.

"Mewakili masyarakat Desa Telaga Pulang saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah mewujudkan keadilan di bidang energi bagi masyarakat setempat. Semoga penyaluran ke depannya dapat berjalan dengan baik," ungkap Haryono dalam siaran pers, Kamis (24/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×