: WIB    —   
indikator  I  

Pilkada DKI, trafik data XL naik 10%

Pilkada DKI, trafik data XL naik 10%

JAKARTA. Jaringan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melayani kebutuhan warga Ibu Kota Jakarta atas layanan data sepanjang hari pencoblosan Pilkada DKI Jakarta Putaran 2, Rabu (19/4). Meskipun pada hari pemungutan suara tersebut instansi pemerintah dan swasta banyak yang tutup, tercatat tetap terjadi kenaikan trafik sekitar 10% dibanding hari biasa.

Vice President Jabodetabek Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, pihaknya sudah memprediksi terjadi kenaikan trafik.

"Kita bisa lihat sendiri, betapa intensnya masyarakat mengakses media sosial dan mengunggah semua format pesan, termasuk foto dan video,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/4).

Bambang menyebut, pada media sosial, akses tertinggi tetap pada medsos utama, yaitu Instragram, Facebook, Twitter, LINE, dan Path. Selain itu penggunaan instant messenger WhatsApp juga cukup tinggi. Kenaikan akses paling tinggi pada layanan Instagram, yaitu rata-rata 50% dibanding hari-hari biasa di semua wilayah kecuali Kepulauan Seribu, dengan kenaikan tertinggi di wilayah Jakarta Pusat setinggi 155%.

Menurutnya, intensitas penggunaan layanan data ini tidak terlepas dari tersedianya kualitas jaringan internet dan data dari XL Axiata di wilayah DKI Jakarta, di mana layanan 4G LTE sudah hampir merata di setiap sudut kota. Selain itu, di beberapa area bahkan sudah terlayani oleh 4.5G.

Jaringan XL Axiata tidak mengalami kendala dalam memberikan layanan telekomunikasi dan data sepanjang berlangsungnya momen pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebagai antisipasi dan memastikan kualitas jaringan, XL Axiata secara khusus melakukan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada, termasuk di Ibu Kota. Antisipasi yang dilakukan XL Axiata antara lain adalah secara khusus memastikan lagi kapasitas jaringan di daerah-daerah tersebut, dan hal-hal lain yang bersifat teknis.


Reporter Dede Suprayitno
Editor Dupla KS

TELEKOMUNIKASI

Feedback   ↑ x