kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,99   7,35   0.79%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pos Indonesia kerja sama layanan digital dengan Kioson


Selasa, 13 Februari 2018 / 13:25 WIB
Pos Indonesia kerja sama layanan digital dengan Kioson
Kerjasama PT Pos Indonesia Dengan Kioson


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan teknologi penyedia digital platform Kioson Komersial Indonesia Tbk (Kioson) tekan kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero). Melalui kerja sama ini mitra Kioson yang berjumlah 30.000 mitra dapat menyediakan layanan pos dengan pola Agenpos. Mitra kioson merupakan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah yang sebagian besar berada pada kota lapis kedua dan ketiga.

Layanan tersebut antara lain jasa kurir pengiriman surat dan paket serta penjualan produk Pos Indonesia berupa layanan jasa keuangan (pospay), dan penjualan perangko, dan materai.

“Kerja sama ini membuka jaringan baru Pos Indonesia lewat 30.000 jaringan Kioson dengan layanan yang sama. Pembayaran lewat Kioson akan memudahkan pembeli dan pelaku e-commerce dalam pembayaran,” ujar Direktur Informasi dan Teknologi sekaligus Kepala Proyek Sales PT Pos Indonesia Charles Sitorus dalam konferensi pers pada Selasa (13/2).

Direktur Utama Kioson, Jasin Halim menambahkan, kerja sama ini berlangsung hingga lima tahun ke depan. Jasin mengaku, kerja sama ini tidak akan memberikan kontribusi pemasukan yang besar kepada perusahaannya tapi akan memberikan nilai tambah yang besar bagi mitra UKM Kioson.

Melalui kerja sama ini, sistem logistik Pos Indonesia dapat beroperasi setiap hari. “Nantinya investasi peralatan mitra akan ditanggung oleh Kioson berupa hardware seperti timbangan dan pelatihan. Untuk tahap pertama, hardware kita siapkan Rp 1 miliar dari kas internal,” pungkas Jasin.

Meskipun memiliki 30.000 mitra UKM, Jasin bilang implementasi kerja sama ini akan dilaksanakan secara bertahap. Namun Jasin tidak merinci berapa banyak mitra yang akan dilibatkan. Yang pasti kerja sama ini akan dimulai bagi mitra Kioson yang berada di pulau Jawa pada kuartal pertama 2018.

Jasin bilang ada dua pendekatan yang dilakukan oleh Kioson dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Pertama, memperluas ruang usaha mitra kios melalui KiosPos untuk membantu meningkatkan pendapatan. Kedua, memperkuat infrastruktur logistik lewat kerja sama dengan asset network milik Pos Indonesia.

Selain memanfaatkan diri sebagai pusat layanan kantor pos dan pusat pengambilan-pengantaran barang e-commerce, para mitra Kioson juga bisa memanfaatkan kantor pos untuk top-up penjualan pulsa.

Pada 2018, Jasin bilang Kioson menargetkan memiliki 50.000 mitra UKM dan fokus di daerah Jawa dan Sumatera. Saat ini, Kioson sudah melayani lebih dari 4 juta pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kioson berikan layanan berupa penjualan pulsa, paket data, penjualan produk e-commerce, loket pembayaran berupa telepon, TV kabel, PDAM, asuransi dan e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×