kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek intermoda Lookman Djaja mulai jalan


Selasa, 10 Oktober 2017 / 21:14 WIB
Proyek intermoda Lookman Djaja mulai jalan


Reporter: Mila Sari | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - KONTAN. Setelah mangkrak selama hampir dua tahun, kini pembangunan sistem transportasi intermoda dari PT Lookman Djaja yang berlokasi di Cikarang perlahan mulai menemukan titik terang. Urusan perizinan yang memakan waktu cukup lama saat ini sudah diproses.

Sistem transportasi intermoda ini merupakan teknik penggabungan transportasi secara berkelanjutan dengan beberapa konfigurasi pilihan jalur moda transportasi, misalnya melalui jalan raya dan rel kereta.

Tahun ini Lookman Djaja mencoba untuk menggenjot bisnis intermoda untuk mendukung program penggunaan transportasi umum guna mengurangi kemacetan serta mengurangi biaya logistik. Dalam membangun intermoda, kendala utama biasanya terletak pada lahan.

CEO PT Lookman Djaja, Kyatmaja Lookman mengatakan, pihaknya akan memperluas lahan untuk intermoda yang akan digarap dari sekitar 35 hektare (ha) akan diperluas menjadi 50 ha.

Saat ini, pembangunan intermoda sudah masuk tahap pengerukan. Soal pendanaan pihaknya sedang berusaha menarik investor. Selain itu pembangunan intermoda ini sekaligus membuka peluang untuk berkolaborasi dengan beberapa perusahaan.

PT KAI dan Kereta Api Logistik (KALOG) merupakan perusahaan yang akan bekerja sama denga PT Lookman Djaja. Nantinya masih ada beberapa perusahaan logistik lainnya yang akan bergabung. Selain perusahaan lokal, nantinya akan ada perusahaan asing yang ikut bergabung dalam pembangunan intermoda ini.

Ia berharap pembangunan intermoda ini akan selesai pada akhir 2018. Selama ini transportasi menggunakan kereta api memiliki harga yang tidak bisa kompetitif, dengan adanya intermoda ini diharapkan harga bisa lebih kompetitif dan mampu menekan biaya pengiriman.

"Kita mendekatkan diri ke Cikarang dan sekitarnya, dengan mendekatkan itu diharapkan bisa menekan ongkos dooring, kalau bisa menekan itu otomatis harga door to door nya akan turun," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×