kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekor arus balik, lebih dari 751.000 kendaraan kembali ke Jakarta lewat Cikarang


Senin, 25 Juni 2018 / 12:47 WIB
Rekor arus balik, lebih dari 751.000 kendaraan kembali ke Jakarta lewat Cikarang
ILUSTRASI. GERBANG TOL CIKARANG UTAMA


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) telah melayani lebih dari 751.000 kendaraan yang kembali ke Jakarta melewati Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama pada arus balik Lebaran 2018 samapi H+7 atau Sabt lalu (23/6).

"Volume lalulintas akumulasi tersebut meningkat 50% dibandingkan dengan lalu lintas normal sebanyak 499.000 kendaraan." kata Irra Susiyanti, Senior Specialist Corporate Communications Jasa Marga dalam keterangan resminya yang dikutip, Senin (25/6).

Adapun jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada H+8 atau Minggu (24/6) diperkirakan mencapai 109.000 kendaraan atau meningkat 53% dari kondisi normal.

Sementara untuk H+7 (Sabtu, 23/6) sendiri, sebanyak 99.000 kendaraan, atau naik sebesar 38% dari lalu lintas normal sebesar 71.000 kendaraan melintasi GT Cikarang Utama arah Jakarta.

Hal lain yang membedakan dengan arus balik tahun lalu, di tahun 2018 ini Jasa Marga berhasil memecahkan catatan tertinggi melayani arus balik Lebaran yang berasal dari Timur melalui GT Cikarang Utama.

Sebanyak 130.000 kendaraan berhasil dilayani pada arus balik H+3 Lebaran, dimana angka ini naik 82% dari lalu lintas normal. Untuk mendukung pelayanan transaksi tersebut, Jasa Marga mengoptimalkan penggunaan gardu maksimal sebanyak total 34 gardu dan 15 mobile reader non stop di GT Cikarang Utama.

Di sisi lain, pada tahun ini, jalan tol Jakarta hingga Surabaya sudah dapat digunakan oleh pemudik. Selain ruas beroperasi, tahun ini Jasa Marga juga membuka total sepanjang 207,85 Km jalur fungsional, yang terbukti dapat mengurangi kepadatan dan mempercepat waktu tempuh perjalanan pemudik.

Pelayanan di rest rrea juga menjadi fokus perhatian, dengan menambah jumlah rest area, Tempat Istirahat Sementara (TIS) dan Parking Bay (PB) dengan total 68 titik di sepanjang jalan tol Jasa Marga, mengatur lalu lintas zonasi rest area, penambahan toilet mobile, serta bekerjasama dengan Pertamina untuk menyiapkan BBM kemasan.

Selain itu Jasa Marga juga bekerjasama dengan Kepolisian dan instansi terkait untuk melakukan berbagai manajemen rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan one way (satu arah) yang diberlakukan secara situasional untuk mengatasi kepadatan yang terjadi ketika arus mudik dan arus balik.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol yang hendak melakukan perjalanan balik untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Layanan top up tunai di gerbang tol hanya dilakukan dalam kondisi darurat. Selain itu, pastikan kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×