kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain akuisisi start up, Gojek juga beli saham perusahaan transportasi


Senin, 20 April 2020 / 08:17 WIB
Selain akuisisi start up, Gojek juga beli saham perusahaan transportasi
ILUSTRASI. Anak-anak mewarnai armada Big Bird saat mengikuti kegiatan Hari Anak Nasional di arena Jungle Land, Bogor, Selasa (23/7). Memperingati Hari Anak Nasional, Blue Bird bekerjasama dengan Jungle Land menggelar kegiatan bertema Ceriakan Anak Indonesia, dengan


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) gencar akuisisi perusahaan tahun ini. Terbaru, perusahaan bikinan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim ini mengakuisisi Moka Technology Solutions Pte Ltd, start up kasir digital.

Selain akuisisi Moka, Gojek juga membeli saham PT Blue Bird Tbk (BIRD) dengan harga penjualan Rp 3.800 per saham. Transaksi ini dilaksanakan pada Kamis (13/2), di mana tercatat transaksi jual saham BIRD sebanyak 108,21 juta saham.

Pembelian saham BIRD oleh pemilik Gojek itu terkuak dalam keterbukaan informasi yang disampaikan Blue Bird di Bursa Efek Indonesia, Jumat (21/2).

Gojek membeli 4,39% saham BIRD dari PT Pusaka Citra Djokosoetono, dengan harga Rp 3.800 per saham pada Kamis (13/2). Dengan transaksi itu, pemilikan saham BIRD oleh PT Pusaka Citra Djokosoetono berkurang dari 35,84% jadi 31,51%.

Tak disebutkan dana yang dikeluarkan Gojek untuk membeli saham tersebut. Perhitungan KONTAN, transaksi ini bernilai Rp 416,73 miliar.

Dalam keterbukaan informasi, Direktur Utama Blue Bird Group Holding Kresna Djokosoetono juga mengaku memiliki saham di Gojek. Namun, tak disebut besarannya.

Yang jelas, masuknya Gojek ke Bluebird bisa meningkatkan kolaborasi kedua perusahaan. Bluebird dan Gojek sudah menjalin kerjasama sejak Februari 2017.

Bentuk kerjasama itu adalah layanan khusus bagi pengguna Gojek yang ingin memilih taksi Blubird, yakni GO Bluebird. Kerjasama ini mampu mengatrol pendapatan Bluebird sejak kuartal II-2017 naik 0,2%. Padahal, kuartal sebelumnya pendapatan turun 10%.

Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo menyatakan, bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa Bluebird sebagai penyedia transportasi merupakan partner strategis bagi Gojek.

"Langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan Bluebird terhadap konsumen," ujar Noni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×