kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sunra Investasi US$ 120 Juta Bangun Pabrik Motor Listrik di Indonesia


Minggu, 05 Mei 2024 / 22:26 WIB
Sunra Investasi US$ 120 Juta Bangun Pabrik Motor Listrik di Indonesia
ILUSTRASI. Motor listrik Alessa eX3000 menjalani uji pengereman di pabrik PT Alessa Motors Nusantara Cikarang Jawa Barat, Kamis (14/7). Motor listrik Alessa eX3000 menggunakan smart batteray berdaya 2kWh yang bisa mencapai kecepatan rata-rata 70km/jam. Pabrik Alessa Motors Nusantara setiap harinya mampu memproduksi 200 unit motor listrik./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/14/07/2022.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech atau Sunra Indonesia memulai pembangunan pabrik sepeda motor listrik di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah. Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking ceremony) yang diselenggarakan pada Jumat (3/5).

Chairman Sunra Group, Zhang Chongshun mengungkapkan pembangunan pabrik Sunra Indonesia ini menandai iklim investasi yang kondusif, terutama pada industri kendaraan listrik roda dua. Untuk pembangunan pabrik ini, Sunra Indonesia menanamkan total rencana investasi sebesar US$ 120 juta.

Sunra resmi berinvestasi di pasar Indonesia sejak tahun 2023 dengan skala investasi besar di industri kendaraan listrik roda dua.

Baca Juga: IBC Diproyeksikan Produksi 21.000 Battery Pack

"Pembangunan pabrik Sunra di Indonesia penting untuk menjamin kualitas produk dan memberikan layanan purna jual dengan lebih baik," ungkap Zhang dalam rilis yang disiarkan Minggu (5/5).

Pabrik Sunra Indonesia dibangun di atas lahan seluas 12,7 hektare yang rencananya akan selesai dalam dua tahap. Masa konstruksi diperkirakan selama 18 bulan, dan pabrik ini akan siap beroperasi pada tahun 2025.

Pabrik ini dirancang untuk memenuhi kapasitas produksi tahunan dasar mencapai 1 juta kendaraan listrik roda dua setelah beroperasi penuh. Empat proses utama produksi sepeda motor listrik akan dilakukan di pabrik ini, mulai dari pembuatan rangka, pengelasan, pengecatan dan perakitan akhir, serta akan dilengkapi dengan bengkel motor dan bengkel pack baterai.

Pembangunan konstruksi pabrik pada tahap pertama mencapai 100.000 meter persegi. Setelah seluruh pembangunan pabrik selesai, Sunra Indonesia akan secara aktif mengintegrasikan sumber daya rantai pasokan, menciptakan ekologi rantai pasokan, dan memungkinkan lebih banyak produsen pendukung untuk melakukan lokalisasi di Indonesia.

Baca Juga: Kementerian ESDM Gandeng Sejumlah Pihak Dorong Pengembangan Motor Listrik

Pabrik ini dapat menyerap 1.500 tenaga kerja lokal, sehingga membuka peluang baru bagi terciptanya lapangan kerja terutama bagi masyarakat sekitar. Di samping itu, Zhang menambahkan bahwa pembangunan pabrik ini juga merupakan bentuk dan dukungan dan komitmen Sunra Indonesia terhadap program dan visi pemerintah.

Termasuk mewujudkan strategi industri dan transportasi ramah lingkungan dan rendah karbon. “Kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap program pemerintah dan mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Zhang.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×