kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suzuki targetkan genggam pangsa pasar motor 2% tahun ini


Kamis, 08 Maret 2018 / 19:46 WIB
 Suzuki targetkan genggam pangsa pasar motor 2% tahun ini
Manajemen Suzuki saat Media Gathering


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2017 tercatat menjadi tahun kebangkitan bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agen pemegang merek (APM) sepeda motor Suzuki. Saat pasar roda dua secara nasional turun 0,8%, Suzuki berhasil mencetak pertumbuhan penjualan tertinggi sebesar 27%.

Tahun ini, Suzuki menargetkan raih pangsa pasar sebesar 2%. Untuk mendukung target tersebut, Suzuki menyediakan 11 produk baru, berupa new model dan juga minor change, yang potensial untuk memompa penjualan.

Sepanjang tahun 2017 raihan penjualan wholesales (pabrik ke diler) tercatat 72.191 unit dengan pangsa pasar 1,2% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 56.284 unit. Lonjakan penjualan itu tidak terlepas dari penambahan beberapa model baru, terutama GSX-R150 dan GSX-S150. 

Dua tipe ini mampu menjadi penyumbang terbesar penjualan sepeda motor Suzuki ditahun 2017. Selain GSX Series, Suzuki juga kembali memproduksi dan meluncurkan Suzuki New Smash FI dan Suzuki Nex, sehingga total line up menjadi enam tipe.

Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT. SIS. menjelaskan tahun 2017 merupakan tahun kebangkitan karena peluncuran sports bike GSX-R150 yang mampu menarik minat anak muda di perkotaan sehingga berkontribusi pada penjualan di wilayah Jabodetabek yang melompat dari 29,2% menjadi 36,6%. 

"Di tahun 2018, kami akan menjawab ekspektasi konsumen dengan menghadirkan beberapa pilihan produk baru, program penjualan, pelayanan aftersales, serta event-event menarik lainnya,” ujar Yohan , Kamis (8/3).

Suzuki juga akan terus ngegas di tahun 2018, berkaca dari plan global Suzuki Next 100 dimana Indonesia akan menjadi pilar ketiga setelah Jepang dan India yang akan didorong sebagai basis produksi khususnya wilayah ASEAN dan Asia.

Dari sisi servis, Suzuki menargetkan unit entry sebesar 700.000 unit sepeda motor. Target ini akan diwujudkan dengan beberapa rencana seperti peningkatan kualitas layanan, menjaring kerjasama dengan bengkel mitra di seluruh Indonesia, serta peningkatan mutu mekanik melalui kontes mekanik level nasional dan internasional.

Catatan saja di segmen backbone Suzuki mengalami lonjakan yang sangat signifikan dibanding tahun lalu dari 1.651 unit menjadi 39.725 unit. Segmen backbone memberikan kontribusi terbanyak sebesar 55% terhadap penjualan Suzuki. Diikuti dengan segmen skutik, kontribusinya terhadap penjualan Suzuki sebesar 20% dan underbone sebesar 25%

Kehadiran GSX-R150 menjadi primadona ditengah pasar motor sport, terbukti penjualan GSX-R150 memberikan kontribusi tertinggi tehadap penjualan Suzuki sebanyak 40% dengan jumlah 28.982 unit.

Suzuki Satria yang telah hadir semenjak 2004, keberadaannya tetap menjadi pilihan bagi pecinta motor yang suka dengan kecepatan dan beradrenalin tinggi. Penjualannya tercatat berkontribusi sebesar 21% terhadap penjualan Suzuki sebesar 15.186 unit.

Motor skutik andalan Suzuki yakni Suzuki Address, mampu meraih penjualan sebesar 9.547 unit sepanjang tahun 2017. Dengan kontribusi terhadap penjualan Suzuki sebesar 13%. "Tahun ini kami fokus menjual matik low end yang pasarnya besar. Sambil terus menyiapkan model skutik premium," kata Yohan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×