kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tayangan serial dongkrak rating & pendapatan Antv


Rabu, 07 Desember 2016 / 08:14 WIB
Tayangan serial dongkrak rating & pendapatan Antv


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Tayangan serial India tengah booming di stasiun televisi (TV). Dari pagi hingga malam ada saja stasiun TV yang menyetel serial India.

PT Cakrawala Andalas Televisi (Antv) salah satu stasiun TV yang menayangkan serial ini. Otis Hahijary Direktur Operasional Antv menuturkan, serial India kini menjadi andalan banyak stasiun TV lantaran digemari pemirsa. “Sebab budaya India memiliki kemiripan dengan Indonesia,” ujarnya kepada KONTAN pekan lalu.

Jadi, disaat penonton sudah bosan dengan tayangan sinetron, mereka beralih ke serial India.

Menurut Otis, beberapa tahun lalu, di saat televisi lain menolak menayangkan serial India Mahabharata, Antv lantas menyamber tawaran tersebut dari distributor. Dan terbukti, serial ini ternyata disukai oleh penonton di Indonesia. Tak butuh lama, tayangan ini lantas mendongkrak rating Antv.

Otis mengatakan, berdasarkan data Nielsen, saat ini rating Antv setiap harinya sudah berkutat di antara peringkat satu dan dua. Naik turun tergantung pada jam tayang. Di saat tayangan India, rating Antv sudah dipastikan ada diperingkat pertama.

Saat ini tayangan serial India porsinya sebanyak 8,5 jam setiap harinya. “Secara porsi, konten lokal kami masih dominan, yakni 65%. Sedangkan asing termasuk India hanya 35%,” katanya.

Otis mengatakan, berkat serial India, pendapatan Antv di tahun 2016 ini meningkat tajam. Secara year to date (YTD) sampai dengan September 2016, pendapatan gross Antv mencapai Rp 8,23 triliun. Nilai itu naik 42% dibanding periode yang sama tahun 2015 yang Rp 5,8 triliun. “Sejak 24 tahun berdiri, tahun 2016 ini merupakan pencapaian tertinggi bagi kami,” ujarnya.

Untuk mempertahankan rating, di tahun depan Antv akan tetap terus menayangkan serial India dan beberapa serial baru dari negara lain. Salah satunya Lebanon. Negara timur tengah itu dipilih lantaran masih memiliki budaya timur, namun dengan konsep modern.

Tayangan ini menurut Otis banyak disukai pemirsa upper class, sama seperti serial India. Berdasarkan data Nielsen, saat ini ANTV memimpin perolehan pangsa pasar segmen upper class di Indonesia, yakni sebesar 16,2%. “Jadi siapa bilang serial India hanya untuk kelas bawah. Kelas atas juga suka, karena serial India sekarang sudah lebih modern,” kata Otis.

Sedangkan untuk konten lokal, Antv bakal meluncurkan serial superhero Pandu untuk anak-anak yang akan disutradarai oleh pembuat Mahabharata. Selain itu juga akan mendaur ulang Jinny oh Jinny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×