kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkom dukung UMKM 'goes digital'


Kamis, 26 Mei 2016 / 22:45 WIB
Telkom dukung UMKM 'goes digital'


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) guna meningkatkan daya saing pelaku UMKM menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  

“Kami ingin bawa pelaku UMKM naik kelas dengan Goes Digital. Kami akan melakukan pendampingan dari sisi sumber daya manusia (SDM), permodalan hingga aspek pemasaran bersinergi dengan Kemenkop UKM agar pelaku usaha berdaya saing dan mandiri. Ini bakti Telkom bagi negeri,” ujar Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Kamis (26/5).

Menurut Awaluddin, Telkom telah aktif membangun ekosistem teknologi informasi bagi UMKM sejak 2010 lalu dengan membentuk Divisi Business Service (DBS).

Salah satu ikon dari Telkom DBS adalah hadirnya kampung UMKM Digital yang  dilansir sejak Juni 2015.

Sementara itu, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan Usaha Yuan Sutyowati mengungkapkan, jumlah UMKM di Indonesia ada sekitar 54 juta dan sebagian besar masih perlu pendampingan menghadapi era bebas MEA.

"Kita gandeng semua pemangku kepentingan mulai dari perbankan dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) seperti Telkom," katanya.

Menurutnya, Telkom digandeng untuk mendampingi pemasaran dari pelaku UMKM menuju era digitalisasi melalui pemasaran secara online.

Salah satu yang kini tengah digenjot Kementerian Koperasi dan UMKM adalah Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

PLUT diberi tugas mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan UMKM.

PLUT tak sekadar memberi layanan pendampingan, mereka juga bertugas mengangkat UMKM dengan berbagai cara, termasuk pemasaran secara manual ataupun terintegrasi.

Saat ini di Indonesia baru ada sekitar 9 PLUT, dan tahun ini rencananya akan ada penambahan 49 PLUT.

Target dalam tiga tahun akan ada 235 PLUT yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di 15.000 sentra UMKM yang ada.

Salah satu tugas berat mereka adalah masuk ke dunia digital, yaitu dengan pemasaran eCommerce.

"Kami menargetkan ada 23 PLUT yang sudah e-Commerce tahun ini," ungkapnya. (Pramdia Arhando Julianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×