kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga bandara Angkasa Pura I raih penghargaan ASQ Awards 2017


Rabu, 07 Maret 2018 / 11:47 WIB
Tiga bandara Angkasa Pura I raih penghargaan ASQ Awards 2017
ILUSTRASI. Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan yang dioperasikan AP I


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I (AP I) memperoleh penghargaan dari ASQ Award 2017 yang diadakan oleh Airport Council International (ACI). Ada tiga bandara yang mendapat penilaian tersebut, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya.

Dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (7/3), manajemen Angkasa Pura I menjelaskan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil meraih penghargaan pada tiga kategori. Pertama, sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang 15 juta hingga 25 juta orang per tahun.

Kedua, bandara tersebut juga memperoleh predikat sebagai bandara terbaik peringkat pertama dengan jumlah penumpang 15 juta-25 juta orang per tahun. Ketiga, dari sisi jumlah penumpang, Bandara I Gusti Ngurah Rai memperoleh peringkat kedua bandara terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang di atas 2 juta orang per tahun.

Sementara itu, bandara SAMS Sepinggan Balikpapan meraih penghargaan peringkat kedua bandara terbaik pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 5 juta-15 juta orang per tahun.

Selanjutnya, Bandara Juanda Surabaya juga meraih penghargaan di peringkat ketiga bandara terbaik pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 15 juta-25 juta orang per tahun.

Manajemen AP I menyebutkan, penilaian tersebut didasarkan hasil survei Airport Service Quality (ASQ) yang dirilis 6 Maret 2018. Untuk diketahui, ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Direktur Utama AP 1 Faik Fahmi mengatakan pencapaian tersebut bakal terus ditingkatkan agar para pengguna jasa bandara semakin merasa nyaman. "Oleh karena itu, kami berupaya untuk selalu meningkatkan pelayanan salah satunya dengan mengembangkan bandara eksisting dan membangun bandara baru seperti Bandara Internasional Baru Yogyakarta di Kulonprogo. Selain itu, berbagai inovasi pelayanan juga terus dilakukan demi meningkatkan kepuasan pelanggan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian kepuasan penumpang terhadap layanan bandara-bandara dunia. Ada sekitar 74% dari 100 bandara tersibuk dunia merupakan bagian dari jaringan ASQ. Setiap tahun, program ini mewawancarai 600.000 pengguna jasa bandara dalam 42 bahasa di 84 negara di dunia. Pada 2017, program ini melakukan survei di 343 bandara dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×