| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.377
  • SUN97,14 0,42%
  • EMAS606.004 0,00%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Tigaraksa kini distribusikan kondom Fiesta*(Ralat)

Rabu, 14 Desember 2016 / 12:27 WIB

Tigaraksa kini distribusikan kondom Fiesta*(Ralat)

JAKARTA. Untuk meningkatkan kinerja, PT Tigaraksa Satria Tbk gencar memperluas cakupan bisnis. Sejak November lalu, emiten berkode saham TGKA di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut memulai mendistribusikan produk baru, yaitu kondom.

Untuk mendistribusikan alat kontrasepsi itu di Indonesia, Tigaraksa Satria bekerjasama dengan PT DKT Indonesia yang dikenal sebagai pemegang merek kondom Fiesta. *

Budy Purwananto, Direktur PT Tigaraksa Satria Tbk bilang, kerjasama dengan PT DKT Indonesia merupakan upaya Tigaraksa memacu bisnis sektor produk konsumen. "Kami baru mulai sejak November lalu," kata Budy kepada KONTAN, Senin (12/12).

Karena baru mulai, kontribusi kondom terbilang masih mini atau di bawah 1%. Budy menambahkan, produk kondom Fiesta menyasar pasar tradisional, bukan pasar modern seperti supermarket.

Asal tahu saja, pendapatan Tigaraksa Satria terbesar berasal dari lini bisnis produk konsumen. Setelah itu dari bisnis ritel gas LPG dan buku pendidikan. Tak berhenti di situ saja, Tigaraksa Satria juga berniat menjaring mitra lagi untuk menambah daftar produk yang bisa diproduksi.

Saat ini,  mitra terbesar yang mempercayakan produksi produknya ke Tigaraksa Satria adalah grup Danone. Budy menyatakan, kontribusi grup Danone ke pendapatan mereka bisa 50%, sisanya dari 15 prinsipal lainnya.

Perusahaan yang mempercayakan produksi ke Tigaraksa Satria di antaranya adalah perusahaan yang memproduksi produk susu, makanan bayi, permen, sarden, minuman, perawatan tubuh dan pasta gigi. Nama-nama perusahaan tersebut antara lain PT Sari Husada, PT Soho Pharmasi Indonesia dan PT Djembatan Dua (Group Dexa).

Daftar nama produk yang akan diproduksi Tigaraksa Satria ternyata tak berhenti sampai di situ. Tahun depan, Tigaraksa Satria mengklaim kedatangan tiga prinsipal baru yang akan mempercayakan produksi produk mereka.

Ketiga prinsipal tersebut akan memproduksi susu di pabrik milik Tigaraksa. Meski belum mau menyebutkan nama, Budy bilang, ketiga produsen tersebut sudah memastikan produksi di fasilitas pabrik Tigaraksa. "Dari ketiga perusahaan itu, dua diantaranya produsen susu. Mereka mempercayakan produksi karena kapasitas pabrik berkurang atau ada produk baru. Kemudian satu prinsipal lagi dari farmasi yang mau memproduksi susu," kata Budy.

Merujuk laporan keuangan kuartal III-2016, pendapatan TGKA naik mini 0,65% menjadi Rp 7,14 triliun ketimbang periode yang sama tahun 2015. Kontribusi pendapatan terbesar masih dari divisi produksi produk konsumen seperti susu, makanan ringan dan lainnya.

Mengenai target pendapatan tahun depan, Tigaraksa tak mau membidik target muluk, melihat penjualan tahun ini belum menggembirakan. "Kemungkinan tahun depan sama dengan tahun ini, naik masih single digit," ujar Budy.

* Ralat (15/12/2016): Artikel ini merupakan ralat dari artikel sebelumnya yang berjudul "Tigaraksa kini memproduksi kondom Fiesta".

Dalam artikel sebelumnya pada paragraf dua disebutkan: "Untuk memproduksi alat kontrasepsi, Tigaraksa Satria mendapatkan kepercayaan dari perusahaan pemasaran kondom, PT DKT Indonesia yang dikenal sebagai pemegang merek kondom Fiesta".

Namun melalui Surat Permohonan Ralat dari DKT Indonesia  tanggal 15 Desember 2016, Nurul Jannati R, PR & Social Communications Coordinator  (nurul@dktindonesia.org)   mengatakan, "Memang benar kalau ada kerja-sama antara PT. DKT International dengan PT. Tigaraksa Satria, namun kerja-sama tersebut bukan dalam hal produksi, melainkan dalam hal turut membantu mendistribusikan Kondom Fiesta di Indonesia."

Isi surat ralat dari DKT Indonesia selengkapnya sudah kami muat di Surat Pembaca. Untuk membacanya, silakan klik link berikut ini: Permohonan Ralat Artikel dari DKT Indonesia

 

Kontan juga menerima surat klarifikasi dari PT Tigaraksa Satria Tbk, yang  menyatakan,"Tigaraksa bukanlah sebagai produsen atau pihak yang memproduksi kondom Fiesta, tetapi sebagai distributor," tulis Niken H Chandrawati, Corporate Secretary Assistant PT Tigaraksa Satria Tbk dalam surat klarifikasinya.

Isi lengkap surat klarifikasi dari PT tigaraksa Satria Tbk bisa dibaca di Surat Pembaca pada link berikut:  Klarifikasi Berita Produksi Konsom Fiesta oleh PT tigaraksa Satria Tbk

 

 

 


Reporter: Umi Kulsum
Editor: Dupla Kartini

MANUFAKTUR

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0014 || diagnostic_api_kanan = 0.0559 || diagnostic_web = 0.2389

Close [X]
×