: WIB    --   
indikator  I  

Tokopedia pasarkan produk UKM DKI Jakarta

Tokopedia pasarkan produk UKM DKI Jakarta

JAKARTA. Tokopedia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama memasarkan produk hasil karya Usaha Kecil Menengah (UKM) asal Jakarta. Produk UKM Jakarta kini nangkring di situs Tokopedia. Meski sudah dimulai sejak delapan bulan lalu, kerja sama tersebut baru diresmikan, Sabtu 96/5).

Saat ini, terhitung 9.793.761 produk dari pedagang yang berasal dari DKI dipasarkan di situs e-commerce Tokopedia.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, angka ini meningkat dari data lima tahun lalu saat UMKM belum melakukan penjualan secara online. Selain membantu penjualan hasil produksi UMKM, Tokopedia juga akan membantu pemodalan dan infrastruktur dari hulu ke hilir. "Jadi semuanya memiliki daya saing yang sama," lanjutnya.

Open government yang diterapkan oleh pemprov DKI juga akan dimanfaatkan Tokopedia untuk menganalisa produk-produk asal Jakarta yang diminati oleh pembeli. Tujuannya, mendorong sektor industri kecil dan mengurangi ketergantungan pada produk impor.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai, kerja sama online ini sebagai penolong untuk menstabilkan harga sembako. Karena, menurutnya, dengan penjualan online, sembako dapat terdistribusi secara merata. "Contohnya seperti operasi pasar, Pemprov sudah berhasil menstabilkan harga besar karena pendistribusian yang merata," ujar Ahok dalam acara launching di Balai Kota, Sabtu (6/5).

Sejalan dengan keinginan Tokopedia untuk menuju cashless society dan smart city yang berbasis data, Ahok menyebut, hal ini dapat membantu memonitor subsidi pemerintah atau pemanfaatan data dari transaksi jual beli online dalam pengambilan kebijakan yang tepat sasaran.


Reporter Siti Maghfirah
Editor Dupla Kartini

E-COMMERCE

Feedback   ↑ x
Close [X]