kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wika Gedung kembangkan teknologi modular


Kamis, 16 November 2017 / 16:47 WIB
Wika Gedung kembangkan teknologi modular


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wika Gedung terus mengembangkan teknologi untuk mendukung bisnis konstruksinya. Terbaru, kontraktor khusus gedung ini mulai membangun industri modular. Ini adalah precast pabrikasi yang diproduksi di pabrik dan kemudian siap diinstal langsung dalam sebuah proyek.

Untuk masuk ke teknologi modular ini, Wika Gedung saat ini sudah membentuk Kerja sama Operasi (KSO) dengan PT Prime Modular Indonesia.

Widhi Pudjiyono, Direktur Operasi Wika Gedung mengatakan, untuk serius mengembangkan teknologi modular tersebut, Wika Gedung dan Prime Modular akan membentuk perusahaan Join Venture (JV) atau perusahaan patungan yang akan konsen dalam memproduksi modular akhir tahun ini.

"Jika sekarang kami baru mulai KSO, dalam waktu dekat di tahun ini kami akan membentuk JV untuk pengembangan modular, " kata Widhi, Kamis (16/11).

Saat ini, Wika Gedung baru mengembangkan modular kamar mandi yang telah diaplikasikan ke beberapa proyek yang digarap perusahaan ini seperti proyek relokasi rumah dinas Angkatan Udara Halim sebanyak 716 unit modular dan proyek apartemen Tamansari Urbano Bekasi sebanyak 1.200 unit.

Dalam memproduksi modular kamar mandi, Wika Gedung menjalin kerjasama operasi dengan PT Prime Modular Indonesia. Saat ini, perusahan sudah mampu memproduksi 10 unit modular kamar mandi setiap harinya.

"Produksi kita tersebut baru untuk memenuhi kebutuhan internal saja. Ke depan akan kami tingkatkan menjadi 20 unit per hari," kata Agung Panjangka, Kuasa KSO Wika Gedung-Prime Modular, Kamis (16/11).

Widhi bilang, dengan teknologi Modular tersebut akan membawa banyak keuntungan dibandingkan pengerjaan proyek yang dikerjakan secara konvensional.

Di antaranya dengan teknologi modular maka pengerjaan sebuah proyek seperti bagian kamar mandi misalnya tidak membutuhkan banyak tenaga kerja karena modular bisa langsung dipasang. Kemudian dengan diinstal langsung, kemudian waktu pengerjaannya juga lebih cepat dibandingkan dengan pengerjaan konvensional. Dan lantaran dicetak di pabrikasi maka jaminan mutu modular sudah diperhatikan sejak dari pabrik.

Jika saat ini masih fokus mengembangkan modular kamar mandi, ke depan Wika Gedung akan mengembangkan modular yang lebih kompleks lagi. "Nanti dengan terbentuk JV, kita bisa kembangkan modular satu bangun misalnya satu unit apartemen sudah dirakit di pabrik dan tinggal dipasang saja nantinya, " kata Widhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×