Reporter: Leni Wandira | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penang masih menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan asal Indonesia, terutama untuk liburan akhir pekan, perjalanan medis, dan kunjungan bisnis.
Tren ini tercermin dari capaian kunjungan 192.823 wisatawan RI ke Penang pada Januari–Juni 2025, tumbuh 2,07% dibandingkan periode sama tahun lalu.
Pertumbuhan ini didorong konektivitas udara yang solid, dengan 31 penerbangan per minggu dari Medan, 18 dari Jakarta, dan 3 dari Surabaya, yang dioperasikan maskapai seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, dan AirAsia.
Konektivitas ini menjadikan Penang sebagai pilihan untuk liburan akhir pekan, perjalanan medis, hingga kunjungan bisnis dan pendidikan.
Untuk memperkuat penetrasi pasar, PGT menggandeng Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) menggelar Penang Networking Sessions di Medan dan Jakarta, 11–13 Agustus 2025.
Baca Juga: Ditengah Efisiensi Anggaran, ASTINDO Travel Fair Targetkan Transaksi Rp 75 miliar
Delegasi dipimpin oleh YB Wong Hon Wai, Anggota Dewan Eksekutif Negara Bagian Penang untuk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, membawa 23 pelaku usaha dari sektor pariwisata, perhotelan, medis, dan pendidikan.
“Kami hadir tidak hanya untuk mempromosikan Penang sebagai destinasi, tetapi juga membagikan kisah tentang tempat yang memadukan warisan budaya, kreativitas, kesehatan, dan gaya hidup,” ujar Wong dalam keterangannya, Kamis (14/8/2025).
Ketua Umum DPP Astindo, Pauline Suharno, menyebut kegiatan ini memberi nilai strategis bagi agen perjalanan Indonesia.
"Travel agent mendapat update lengkap terkait aktivitas, atraksi, hotel, rumah sakit, hingga hidden gems di Penang, sehingga bisa merancang paket wisata kreatif bagi pasar Indonesia,” ujarnya.
Selain atraksi ikonik seperti George Town, Penang Hill, dan kuliner jalanan berpredikat Michelin, Penang juga memperkenalkan produk baru seperti Penang Waterfront Convention Centre, Ferringhi Bay, Penang River Cruise, hingga Bertam Resort & Water Park.
Pariwisata medis menjadi segmen yang terus tumbuh. Pada 2024, Penang menerima 453.600 wisatawan medis internasional, sebagian besar dari Indonesia. Fasilitas kesehatan Penang diakui di bidang kardiologi, onkologi, fertilitas, dan perawatan mata.
Baca Juga: Program Mandiri Sahabatku Sasar PMI Penang untuk Tingkatkan Literasi Finansial
Dukungan promosi seperti AirAsia Boarding Pass Privileges yang berlaku September 2025–Agustus 2026 semakin memudahkan wisatawan memanfaatkan layanan kesehatan.
PGT menargetkan momentum ini berlanjut menuju Visit Malaysia 2026, dengan Penang sebagai destinasi unggulan. Agenda seperti George Town Festival, musim durian Musang King dan Black Thorn, wisata spa dan kebugaran, serta atraksi alam dan warisan budaya disiapkan untuk memikat pasar Indonesia.
Delegasi Penang mencakup beragam mitra pariwisata dan bisnis, mulai dari hotel, rumah sakit, penyedia pendidikan, agen perjalanan, hingga institusi budaya, yang siap membangun hubungan bermakna dengan mitra mereka di Indonesia.
1. Penang History Gallery
2. Penang Ghost Museum
3. The Top Penang
4. Design Village Penang Outlet Mall
5. Sunway Medical Centre Penang
6. St. Giles Wembley, Penang
7. Fifth Avenue Hotel Penang
8. Crowne Plaza Penang Straits City
9. Olive Tree Hotel
10. G Hotel
11. The Prestige Hotel
12. Penang Centre of Medical Tourism (PMED)
13. StudyPENANG
14. Penang Adventist Hospital
15. The Ascott Limited
16. Vouk Hotel Suites Penang & Bahang Bay Hotel 17. Macalister Mansion
18. Vista Eye Specialist
19. Cititel Penang
20. Berjaya Penang Hotel
21. PTS Tours & Travel
22. The George Hotel
23. Hotel Sentral
Selanjutnya: INDEF Mendorong Pemanfaatan Transisi Hijau Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi
Menarik Dibaca: MR.DIY Buka Toko Ke 1.100, Gandeng 200 Mitra UMKM
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News