Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Baru-baru ini iPrice Group merilis analisa kejadian dan persaingan e-commerce Indonesia berdasarkan Google, jumlah pengunjung, aplikasi mobile dan media sosial.
Dalam siaran pers, iPrice Group mengumpulkan data Google Trends untuk melihat lima besar e-commerce di Indonesia yang memiliki pencarian yang paling tinggi di 2017, yakni Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Blibli. Dari riset ini iPrice Group melihat berbagi lompatan search volume dari beberapa e-commerce.
Berdasarkan data pertumbuhan search interest yang iPrice Group hitung selama 12 bulan ke belakang, terdapat temuan menarik:
1. Lazada dan Tokopedia Berada di Posisi Puncak
Lazada dan Tokopedia berada di posisi pertama dan kedua sebagai e-commerce yang paling banyak dicari di 2017. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor. Lazada yang di tahun ini mendapatkan peningkatan saham dari Alibaba dari 51% ke 83%, beserta beberapa event promosi yang cukup rajin yakni promo ulang tahun mereka, single’sday (11.11), dan kampanye onlineshoppingrevolution(12.12). Di sisi lain, Tokopedia juga memiliki momentum besar di tahun ini yakni aliran dana segar dari Alibaba sebesar US $ 1,1 miliar.
2. Pertumbuhan yang Konsisten dari Shopee
Pada Januari 2017, selisih jumlah search interest antara Shopee dan Bukalapak cukup besar. Namun di penghujung tahun ini, Shopee berhasil sedikit menyalip Bukalapak. Sebagai salah satu pemain “muda”, iPrice Group melihat banyak upaya dari Shopee untuk memperkecil jarak dengan e-commerce lain yang sudah bermain lama di Indonesia. Mulai dari kampanye mobile shopping 10.10, penguatan pada komunitas penjualnya, dan strategi lainnya.
Dari pertumbuhan tersebut, iPrice Group juga menemukan beberapa momen dari masing-masing e-commece yang disinyalir berpengaruh dalam peningkatan search interest mereka sepanjang tahun. Berikut lonjakan search interest dari beberapa e-commerce.
- Peningkatan pada Lazada selama 19-25 Maret 2017 karena promosi ulang tahun mereka yang ke-5.
- Peningkatan pada semua e-commerce selama periode promo bulan Ramadhan (28 Mei – 17 Juni)
- Lonjakan yang cukup besar pada Lazada selama 11-17 Juni berkat Alibaba yang meningkatkan sahamnya menjadi 83%
- Peningkatan pada Tokopedia selama 13-19 Agustus saat mendapatkan aliran investasi terbaru dari Alibaba
- Peningkatan pada Shopee selama 8-14 Oktober berkat kampanye mobile shopping 10.10
- Lonjakan pada semua e-commece selama periode kampanye Single’s Day pada 5-11 November lalu
- Terakhir, kampanye Harbolnas 12.12 juga memberikan peningkatan jumlah search interest pada masing-masing e-commerce
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News