kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Ada wabah corona, arus peti kemas di Pelindo II turun selama kuartal I 2020


Kamis, 30 April 2020 / 18:58 WIB
Ada wabah corona, arus peti kemas di Pelindo II turun selama kuartal I 2020
ILUSTRASI. Penyebaran wabah virus corona membuat Pelindo II mulai mencatatkan penurunan arus bongkar muat peti kemas.

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) membuat PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC mulai mencatatkan penurunan arus bongkar muat (troughput) peti kemas selama kuartal I 2020.

Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengatakan, tahun ini IPC dihadapkan pada situasi yang penuh tantangan, karena pandemi virus corona (Covid-19) sangat berpengaruh pada trafik peti kemas.

“Kondisi ini terjadi di hampir semua pelabuhan dunia. Namun, kami akan tetap berupaya agar kinerja perusahaan terjaga,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (30/4).

Baca Juga: Pelindo II bukukan laba bersih Rp 2,5 triliun di 2019

Arif menerangkan, pada periode Januari-Februari 2020, terjadi penurunan throughput peti kemas sebesar 5,13%. Penurunan itu merupakan dampak langsung dari pandemi Covid-19, yang penyebarannya dimulai di Wuhan, China, sejak Desember 2019.

Namun penurunan arus peti kemas padai dua bulan pertama 2020 bisa sedikit tertahan pada periode Maret 2020. “Kita berharap pandemi global Covid-19 segera berlalu, dan aktivitas produksi, ekspor maupun impor bisa bergerak naik,” ujar Arif.

IPC mengakui, sejak kuartal pertama 2020 sudah merespons pelambatan ekonomi global dengan melakukan pengaturan pelayanan yang efektif, dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan dan operasional.

Arif memaparkan, operasional pelayanan kepelabuhanan di terminal terus berjalan dengan pengaturan deployment yang diperhitungkan sesuai dengan jadwal kedatangan kapal sehingga dapat tetap terlayani dengan baik di tengah pembatasan aktivitas masyarakat secara umum.

Baca Juga: Komisaris dan direksi Pelindo II tidak menerima THR

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×