kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,75   -7,79   -0.82%
  • EMAS917.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

Adhi Karya (ADHI) raih proyek preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Riau


Selasa, 23 Februari 2021 / 07:24 WIB
Adhi Karya (ADHI) raih proyek preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Riau
ILUSTRASI. Perusahaan konstruksi Adhi Karya. KONTAN/Cheppy A. Muchlis

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) ditetapkan sebagai pemenang lelang proyek preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) di Provinsi Riau.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, keputusan pemenang lelang ini menyusul terbitnya Surat Menteri PUPR pada 29 Januari 2021.

"Menteri PUPR telah mengeluarkan surat penetapan pemenang PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada tanggal 29 Januari 2021 lalu," jelas Hedy dalam Seremonial Financial Close Proyek Jalintim Sumsel & Penyerahan Letter of Awards Proyek Jalintim Riau, Senin (22/2).

Setelah terbitnya Surat Menteri PUPR tersebut, Hedy mengharapkan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama proyek preservasi Jalintim Riau pada April 2021 mendatang.

Baca Juga: Anak ADHI bangun Jalintim Sumsel Rp 982,4 miliar berskema cicilan APBN kali pertama

Proyek preservasi Jalintim Riau menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha ( KPBU) Availability Payment (AP). Selain Jalintim Riau, proyek lainnya yang lebih dahulu menggunakan skema KPBU AP adalah Jalintim Sumatera Selatan (Sumsel).

Bahkan, Jalintim Sumsel merupakan proyek pertama bagi Kementerian PUPR yang menggunakan skema pendanaan tersebut. Pembangunan segera dilakukan karena tahapan financial close (pemenuhan pembiayaan) telah tuntas pada proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Availability Payment (AP) tersebut.

Dengan tercapainya tahapan ini, konstruksi Jalintim Sumsel akan dilakukan pada 4 Maret 2021. Perlu diketahui, terdapat lima Jalintim yang akan dilakukan preservasi di Sumsel dengan total panjang 29,87 kilometer.

Jalan tersebut yakni, Jalan Srijaya Raya membentang sepanjang 6,3 kilometer, Jalan Mayjen Yusuf Singakadane 5,2 kilometer, dan Jalan Letjen H Alamsyah Ratu Perwiranegara yang membentang 3,15 kilometer.

Kemudian, Jalan Akses Terminal Alang-Alang Lebar sepanjang 4 kilometer dan Jalan Sultan Mahmud Badarudin II dengan panjang 2,9 kilometer.

Baca Juga: Pada bulan Januari, Adhi Karya (ADHI) kantongi kontrak baru Rp 1,1 triliun

Proyek Jalintim Sumsel merupakan usaha patungan antara PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya (Persero) melalui PT Jalintim Adhi-Abipraya.

Dalam kerja sama tersebut, Adhi Karya memiliki porsi sebesar 60 persen, sedangkan 40 persen lainnya dimiliki oleh PT Brantas Abipraya.

Nilai investasi proyek preservasi Jalintim Sumsel ini hampir Rp 1 triliun atau tepatnya senilai Rp 982,4 miliar dengan masa konsesi selama 15 tahun. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Adhi Karya Pemenang Lelang Proyek Preservasi Jalintim Riau"

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9 Capital Investment Model & Presentation

[X]
×