kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adhi Karya akan suntik ACP Rp 400 miliar-Rp 900 miliar tahun ini


Minggu, 22 Juli 2018 / 21:18 WIB
Adhi Karya akan suntik ACP Rp 400 miliar-Rp 900 miliar tahun ini
ILUSTRASI. Proyek LRT Jabodebek


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Karya Tbk (ADHI) akan menambah modal ke anak usaha barunya, PT Adhi Commuter Properti (ACP), sekitar Rp 400 miliar - Rp 900 miliar tahun ini. Suntikan modal itu untuk memperkuat permodalan anak usaha yang baru terbentuk pada 2 Juli 2018 itu dalam mengembangkan bisnis properti berbasis Transit Oriented Development (TOD) terutama LRT City.

Pundjung Setya Brata, Direktur Operasi Adhi Karya sekaligus Komisaris Utama PT Adhi Commuter Properti mengatakan, penambahan modal tersebut akan bersumber dari kas internal ADHI. "Penambahan modal akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan progres pembebasan lahan ACP, " kata Pundjung di Jakarta, Sabtu (21/7).

Adhi Commuter Properti memang masih akan gencar melakukan akuisisi lahan di sekitar jalur Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek yang sedang dibangun oleh induknya. Oleh karena itu, perusahaan properti ini butuh tambahan permodalan.

Pasalnya, ekuitas yang dimiliki  ACP saat resmi terbentuk lewat mekanime spin off dari departemen TOD dan Hotel sebesar Rp 1,1 triliun, sudah terpakai untuk melakukan akuisisi lahan. Total landbank yang mereka miliki saat ini sudah mencapai 37 hektare (ha).

Sementara tahun ini, Adhi Commuter Properti menargetkan bisa menambah lahan menjadi 200 ha. Pundjung bilang, pihaknya membutuhkan belanja modal sekitar Rp 900 miliar. Dengan tambahan modal itu, Adhi Commuter Properti menargetkan bisa memiliki ekuitas sekitar Rp 1,5 triliun hingga Rp 2 triliun sampai akhir tahun.

Saat ini, ACP tengah serius mengembangkan proyek LRT City sejalan dengan penugasan pemerintah. Perusahaan akan mengembangkan tujuh proyek di tujuh lokasi sampai akhur tahun dengan investasi Rp 12 triliun. Tiga diantaranya tengah dikembangkan yakni LRT City Bekasi Timur - Eastern Green, LRT City Jaticempaka - Gateway Park, dan LRT City Sentul - Royal Sentul Park.

Progres Eastern Green telah melakukan topping off, dan saat ini tengah dalam pekerjaan fasad. Sedangkan Royal Sentul Park dan Gateway Park, saat ini tengah dalam proses konstruksi.

Sedangkan empat proyek lainnya sedang dalam proses persiapan pengembangan yaitu LRT City Ciracas - Urban Signature, Oase Park - Ciputat (Member of LRT City),
Cisauk Point - Cisauk (Member of LRT City), dan MTH 27 Office Suite - Cikoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×